Alviora Aurel (dua dari kiri) saat menembus garis finis dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Jakarta Banten Qualifiers

Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia Jakarta Banten Qualifiers masih berjalan. Salah satu peserta yang telah tercatat untuk regional qualifiers itu adalah Alviora Aurel Cicilia Ballah. Juara nomor lari 80 meter putri SAC musim lalu tersebut akan comeback

Dalam gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Vio -begitu ia kerap disapa- akan bersaing di nomor lari 100 meter putri. Nomor lintasannya berbeda dengan keikutsertaannya di SAC 2022. Selain itu, saat musim baru nanti, Vio akan mewakili SMA Sophos Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu yang masih mewakili SMPN 8 Tangsel. 

Pada penampilannya di SAC musim lalu, Vio berhasil menyabet juara dengan perolehan waktu 11,31 detik. Ia juga sukses mencuri perhatian karena mengalahkan jajaran lawannya dengan ketat. Vio bersaing sengit bersama Anak Agung Istri Anom Pradnya. Siswi SMPN 80 Jakarta yang finis di urutan kedua dengan catatan waktu 11,42 detik. Sementara Shifa Sulestiawati asal SMPN 7 Jakarta finis ketiga dengan catatan waktu 11,49 detik

Dengan almamater dan nomor baru, Vio juga membawa semangat baru. Ia sangat serius mempersiapkan diri. Vio bahkan terinspirasi keberangkatan training camp para Champion SAC 2022 ke Australia. Oleh karena itu, ia berlatih dengan intens untuk SAC Indonesia 2023. "Mereka sukses ngebanggain Indonesia jadinya saya juga pengen bisa seperti itu," kata Vio. 

Meskipun begitu, Vio menyadari bahwa persaingan tahun ini akan lebih ketat. Karena dirinya yakin banyak pelajar dan atlet di luar sana yang sedang berusaha untuk menjadi juara di SAC 2023. "Targetnya InshaAllah bisa mengalahkan rekor tahun lalu. Yang terpenting optimistis dulu," lanjut Vio. 

Vio juga mengaku merindukan Energen Champion SAC Indonesia. Menurutnya, banyak momen perlombaan di tahun lalu yang tak akan terlupa. "Salah satunya itu keseruan pas lomba deg-deg dan juara 1 itu nya si yang berkesan. Semoga tahun ini juga bisa juara 1 lagi," tandasnya. 

Baca Juga: Curi Perhatian, Alviora Aurel Bawa Predikat Juara 80 Meter Putri

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan digelar pada 29, 30 September dan 1 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Jakarta. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES