Siswa siswi SMPN 281 Jakarta saat mengikuti ekstrakurikuler atletik

SMPN 281 Jakarta akan mengirimkan sekitar 30 siswa dalam gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Jumlah itu lebih banyak dari keikutsertaan sekolah tersebut dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022. Dengan pasukan yang berlipat tersebut, SMPN 281 Jakarta tentunya berharap dapat unggul di nomor tertentu. 

Karena tahun lalu telah menempati posisi 3rd Place dalam nomor 5x80 meter, SMPN 281 Jakarta tetap intens dan memperkuat diri di nomor estafet. Sekaligus nomor lompat jauh. Menurut pelatih ekstrakurikuler SMPN 281 Jakarta, Marta Helena, anak didikknya begitu bersemangat dalam mempersiapkan diri meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia.

"Saya berharap tahun ini estafet dan lompat jauh bisa masuk tiga besar. Karena tahun ini kami mengirimkan jumlah tim estafet lebih banyak dari tahun sebelumnya," ungkap Marta. 

Kebetulan, SMPN 281 memiliki ekstrakurikuler atletik yang bisa menjadi senjata mereka untuk bersaing di Jakarta Banten Qualifiers. Terlebih, sekolah tersebut telah berulang kali mengikuti perlombaan atletik bulanan di Jakarta. Sehingga, pengalaman yang dimiliki oleh SMPN 281 Jakarta tak diragukan lagi. 

"Tahun ini anak-anak serius menghadapi SAC Indonesia. Kami juga latihan seminggu tiga kali sepulang sekolah. Mereka juga semangat. Mungkin ada satu atau dua orang yang biasanya absen. Hanya begitu saja, semuanya berjalan lancar dalam persiapan," lanjut Marta. 

Sebagai pelatih atletik di Jakarta, Marta berharap Energen Champion SAC Indonesia dapat terus berlanjut. Diadakan setiap tahunnya. Demi kemajuan atletik Indonesia. "Dengan sasaran pelajar dan sekolah menurut saya SAC Indonesia sudah tetap. Dari sini nanti kita bisa mengevaluasi, yang berpotensi dapat dilatih lebih lanjut melalui klub. Sehingga ada pembinaan lanjutan," kata Marta. 

Baca Juga: Rekap Hasil Hari Kedua Jakarta-Banten Qualifiers Jenjang SMP

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan di Jakarta. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan pada 29, 30 September dan 1 Oktober. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES