Sosok Iqbal Satria Ikhsan saat melakukan UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Jakarta Banten Qualifiers

Iqbal Satria Ikhsan memiliki target besar dalam Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Siswa SMA Pattimura Jakarta tersebut akan mengikuti nomor lari jarak menengah 1.000 meter putra. Menurutnya, ini akan menjadi kali kedua Iqbal ikut serta dalam kompetisi atletik pelajar terbesar tersebut. 

Sebelumnya, Iqbal berhasil menghuni podium ketiga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers untuk nomor yang sama. Dengan catatan waktu 2 menit 57,87 detik. Hal tersebut membuatnya termotivasi untuk kembali bersaing tahun ini. "Tahun ini saya ingin ikut lagi karena berniat memperbaiki kekurangan dan meningkatkan hasil catatan waktu tahun kemarin," katanya. 

Bukan hanya juara, Iqbal juga menargetkan satu tiket National Championship. Untuk sampai ke sana, ia bahkan memperbaiki endurance dan speed. "Target waktu tahun ini ada di angka 2 menit 40 detik. Harus lebih baik dari tahun kemarin. Meskipun kalau dilihat akan lumayan ketat di tahun ini. Tapi saya nggak khawatir, yang penting mentalnya," lanjut Iqbal. 

Iqbal telah mendalami atletik sejak tahun 2019. Ia Awalnya mendalam nomor 1.500 meter dan nomor 5.000 meter. "Rencananya akan pindah ke nomor steeple-chase dan 5.000 meter," kata Iqbal. 

Menurut Iqbal, Energen Champion SAC Indonesia adalah event pelajar yang bergengsi. Apalagi, kualifikasi setiap qualifiers dapat menentukan seseorang untuk ke National Championship. "Dan sebagai atletik pelajar juga harus bisa membuktikan kalo saya bisa lanjut ke event nasionalnya," tutur Iqbal. 

Baca Juga: Rekap Hasil Jakarta-Banten Qualifiers Hari Ketiga Jenjang SMA

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan di Jakarta. Kompetisi tersebut akan berlangsung pada 29, 30 September dan 1 Oktober 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES