Menjelang Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers, para pelajar dan sekolah telah menyiapkan strategi terbaik mereka. Termasuk Nisrina Syifa. Salah satu skuad 4x100 meter SMA Pasundan 1 Bandung yang telah berhasil menembus babak National Championship di Jakarta pada penyelenggaraan musim lalu.

Tahun ini, Syifa -begitu ia kerap disapa- akan kembali dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Ia bersama dengan timnya akan turun untuk nomor 4x100 meter putri. Menurut Syifa, dirinya begitu bersemangat karena ini akan menjadi tahun kedua keikutsertaannya dalam Energen Champion SAC Indonesia. 

"Tahun kemarin banyak evaluasinya. Terutama soal speed dan pernafasan. Nah, di tahun ini aku lebih memperbaiki bagaimana cara berlari yang benar dan cara mengatur pernafasan yang baik. Karena aku ingin SMA Pasundan 1 kembali ke National Championship," ungkap Syifa. 

Syifa kembali menargetkan masuk ke babak National Championship. Dan memperbaiki catatan waktu yang diperoleh oleh timnya. "Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari orang tua dan teman-teman yang lain. Juga kekompakkan tim bisa ke tingkat nasional. Tapi kalau tahun ini nggak ke tingkat nasional juga nggak apa-apa. Kita berusaha dulu," tutur Syifa. 

Syifa begitu menyukai proses dalam berlatih atletik dan mengikuti Energen Champion SAC Indonesia. Terutama saat berlatih bersama teman-teman seperjuangannya. "Ada beberapa calon peserta SAC Indonesia yang berasal dari luar daerah jadi kayak ada orang pindahan dari luar kota dan tinggal di Bandung, dan kita semua suka belajar bahasa bareng. Terus belajar atletik bersama. Atletik itu seru pokoknya," lanjutnya. 

Syifa akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Yang akan diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi tersebut akan berlangsung pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES