Setya Tegar Putra Pratama saat berlatih untuk bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-West Java Qualifiers

Setya Tegar Putra Pratama akan kembali ke panggung kompetisi Energen Champion SAC Indonesia. Namun, kali ini ia tidak mewakili SMP Darul Hikam. Karena sudah lulus, kini Setya menjadi delegasi SMA Nuruzzaman Cilengkrang. 

Pemegang 3rd place dari nomor lari 800 meter putra di West Java Qualifiers musim lalu itu akan bersaing di nomor 1.000 meter. Sama-sama nomor lari jarak menengah dari yang ia ikuti sebelumnya. Hanya saja berbeda level lintasan dan tingkat pendidikan.

"Sebagai pendamping tentunya saya sangat mendukung Setya di SAC Indonesia. Harapannya dia bisa kembali membawa medali seperti keikutsertaan sebelumnya," ungkap Dinda Aliyah Rindahalim, guru PJOK dari SMA Nuruzzaman Cilengkrang. 

Untuk mempersiapkan diri dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Setya telah berlatih secara hybrid. Baik dilakukan mandiri dan dengan bantuan gurunya. "Tetapi selanjutnya, mulai minggu depan akan saya beri program. Tentunya saya berharap dia bisa tampil dengan maksimal," kata Dinda. 

Dinda melihat bahwa Energen Champion SAC Indonesia merupakan salah satu kompetisi pelajar yang bergengsi. Sehingga ia akan menyiapkan Setya dengan serius. Apalagi, persaingan di tingkat Jawa Barat pasti akan lebih ketat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, Setya berhasil menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 2 menit 18,82 detik. Catatan waktu tersebut hanya selisih 0,03 detik dari sang juara. Dengan mengantongi pengalaman tersebut, Dinda yakin anak didiknya bisa tampil lebih hebat. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, Cek Periode Pendaftaran SAC Indonesia 2023

Setya akan tampil dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES