Jika kamu meminta pelari mana pun untuk memilih antara melakukan olahraga lari di atas treadmill dengan olahraga lari di luar ruangan, mereka pasti memiliki preferensi yang berbeda-beda. Beberapa pelari hebat, bahkan pelari atletik tingkat dunia tentunya lebih menyukai berlari di luar ruangan. Sementara, pelari yang lebih menyukai kecepatan terukur dan keakuratan akan lebih menyukai berlari di dalam ruangan.

Tidak ada yang benar atau salah. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika cuaca tidak mendukung, ada baiknya untuk memilih treadmill sebagai alternatif alat berlari. Pasalnya, seorang pelari tidak dapat menunda cukup lama latihan yang harus dilakukannya. Apalagi jika hanya bermasalah dengan cuaca. Namun, berlari di luar ruangan juga memiliki manfaat yang besar.

Manfaat Berlari di Luar Ruangan

Berlari di luar ruangan dapat melakukan lebih banyak aktivasi otot. Pasalnya, kaki pelari harus selalu menapak dengan tanah. Ini dapat memperkuat kaki dalam aktivitas lainnya. 

Meskipun penelitian telah menemukan bahwa pola biomekanik tidak berubah saat seseorang berlari di atas treadmill atau saat berlari di luar, berlari di luar lebih cocok untuk siklus gaya berjalan alami. Itu karena sistem gerak kaki tidak dibatasi oleh parameter treadmill. Jika kamu berlari di atas treadmill, kamu akan mempersingkat langkahmu.

Pelari juga dapat mengaktifkan lebih banyak otot saat berlari di luar ruangan karena tidak harus berlari dalam pola yang benar-benar linier. Jika hanya berlari di dalam, otot-otot tertentu bisa menjadi lemah dan tidak terkondisikan. Itu bisa membuat seseorang cedera lagi saat kembali berlari di luar.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Lari adalah Olahraga Terbaik di Dunia

Berlari di permukaan yang lebih kaku juga akan memberikan lebih banyak gaya reaksi tanah, yang pasti dapat memperkuat tulang sedikit lebih banyak daripada treadmill. Di sisi lain, treadmill dirancang untuk menyerap gaya reaksi tanah, sehingga idealnya akan menyelamatkan persendian dari benturan yang terkait dengan berlari.

Manfaat Lari Menggunakan Treadmill

Tidak semua orang punya kesempatan untuk melakukan aktivitas lari di luar ruang dan itulah gunanya treadmill. Dengan treadmill, kamu dapat mengontrol kecepatan, tanjakan, interval, dan pemulihan secara akurat. Misalnya, membiasakan diri berlari dengan kecepatan tertentu karena ada kondisi tubuh yang berbeda dan harus diperhatikan. 

Selain itu, treadmill juga bisa menghemat waktumu. Pasalnya, kamu tidak perlu melakukan aktivitas lain di luar ruangan. Sehingga, ruang untuk berolahragamu akan lebih nyaman. Kalau, para Champion SAC di sini, lebih suka olahraga lari yang mana nih? (*)

  RELATED ARTICLES