Kompetisi lari dalam SAC Indonesia

Beberapa dari kalian mungkin sering mendengar kata "pace". Khususnya bagi yang memiliki hobi dalam olahraga lari.

Secara sederhana, pace adalah istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan seberapa cepat kita berlari, mewakili waktu yang dibutuhkan dalam jarak 1 kilometer atau 1 mil.

Misalnya, jika seseorang menyebut bahwa dirinya memiliki pace 6 saat berlari, itu artinya orang tersebut bisa menempuh jarak 1 kilometer dalam waktu 6 menit. 

Mengapa Pace Sangat Penting Saat Berlari?

Pace dapat membuatmu memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak lari yang sudah ditentukan. 

Jika kamu telah memahami pace-mu dalam olahraga lari, artinya kamu juga dapat menghemat energi yang cukup untuk menyelesaikan lari dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Apalagi untuk perlombaan lari maraton dan 5k, karena pace akan sangat penting untuk lari jarak jauh. 

Baca Juga: Macam-macam Lari dalam Olahraga Atletik

Cara Meningkatkan Pace dalam Lari

Meningkatkan pace dalam olahraga lari dapat membuatmu mendapatkan target baru untuk olahraga tersebut. Kali ini, SAC Indonesia akan memberitahumu tentang cara meningkatkan kecepatan lari. 

1. Tingkatkan Jarak Tempuh Setiap Minggu

Dengan meningkatkan jarak secara bertahap dan meningkatkan kecepatan secara bertahap. Meningkatkan jarak tempuh secara bertahap terkesan tidak memberikan paksaan untuk tubuh ketika berolahraga. 

2. Jangan Meningkatkan Jarak Tempuh Mingguan Terlalu Cepat

Meningkatkan jarak tempuh mingguan terlalu cepat, bersamaan dengan latihan kecepatan tinggi, tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Tanpa pengalaman, melakukan terlalu banyak latihan dan terlalu cepat dapat menimbulkan efek sebaliknya.

3. Pelajari Teknik Lari dengan Benar

Memiliki teknik lari yang benar dapat menghasilkan kecepatan yang maksimal. Selain itu, teknik lari yang pas dapat membantu tubuh bergerak dengan mudah. Dengan memiliki teknik lari yang baik, pace-mu akan mengikuti dengan sendirinya.

4. Lakukan Aktivitas Lari Secara Konsisten

Lakukan rutinitas lari secara konsisten untuk menyesuaikan pace lari. Sebagai permulaan, kamu dapat melakukan ini dengan menjalankan interval terstruktur. Penting untuk mendengarkan tubuh dan mengetahui batasannya.

5. Luangkan Waktu untuk Recovery

Salah satu cara agar dapat meningkatkan pace berlari adalah tetap melakukan recovery tubuh. Dengan melakukan ini, kalian dapat mencegah cedera dan memungkinkan tubuh melakukan refresh otot. (*)

  RELATED ARTICLES