Elsa Restu Ayunda bersama dengan Fahrizal Giri Pratama, usai menyabet juara di Festival Atletik 2023

Pendaftaran Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 untuk West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar-pelajar di Jawa Barat yang memiliki kemampuan dalam olahraga atletik sedang berlomba-lomba untuk mendaftar dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Salah satunya adalah SMPN 1 Banyuresmi, yang secara resmi mengirimkan dua pelajar. 

Dua pelajar delegasi SMPN 1 Banyuresmi adalah Elsa Restu Ayunda untuk nomor lari 80 meter putri dan Rosa Ayu Julianti untuk tolak peluru putri. Keduanya begitu antusias untuk mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Apalagi, pelatih dari SMPN 1 Banyuresmi, Fahrizal Giri Pratama, mengantongi semangat luar biasa untuk mengantarkan anak didiknya menjadi juara. 

Keikutsertaan SMPN 1 Banyuresmi dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-West Java Qualifiers merupakan ambisi dari Fahrizal. "Awalnya saya browsing di Google tentang perlombaan atletik di Jawa Barat. Muncul yang pertama itu tentang SAC Indonesia. Saya buka-buka website-nya ternyata ada kategori jenjang SMP yang pas untuk dua anak didik saya," tutur Fahrizal. 

Menurut Fahrizal, anak didiknya telah dikenalkan atletik sejak kelas VII SMP. Keduanya juga beberapa kali diikutsertakan dalam kompetisi di tingkat kabupaten. "Dan Alhamdulillah selalu masuk podium. Karena itu saya selaku pembina atau pelatih ingin menaikkan level prestasi anak yang lebih tinggi dan lebih banyak persaingannya," tambah Fahrizal. 

Baca Juga: Jangan Lupa Daftar, Juara SAC Indonesia Bisa Training Camp ke Australia!

SMPN 1 Banyuresmi juga begitu mengapresiasi gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 di Jawa Barat. Pasalnya, wilayah Garut sendiri jarang mengadakan kompetisi atletik. "Apalagi SAC ini akan bisa sampai ke tingkat internasional. Dampak nya mungkin ke atlet akan menjadi motivasi besar untuk bisa menuju ke tingkat nasional maupun internasional," terang Fahrizal. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES