Kalian pasti pernah mendengar istilah "Track and Field". Yang dalam Bahasa Indonesia, istilah tersebut merujuk pada arti Bahasa Inggris dari cabang olahraga atletik. Kata "Track and Field" juga biasanya kalian temui dalam publikasi kejuaraan tingkat dunia. Bahkan, seragam dari atlet-atlet atletik luar negeri. 

Sebagai pegiat atletik, pernah nggak sih kalian penasaran alasan di balik penyebutan cabang olahraga atletik dalam Bahasa Inggris yang cukup berbeda dari Bahasa Indonesia?

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal bahwa kelompok olahraga yang terdiri dari berlari, melempar dan melompat merupakan cabang olahraga atletik. Namun, dalam bahasa Inggris, olahraga ini lebih dikenal sebagai "Track and Field". Yang artinya adalah lintasan dan lapangan. 

Secara teknis, atletik memang dibagi menjadi dua jenis. Yakni nomor "lintasan" dan nomor "lapangan." Nomor lintasan terdiri dari banyak nomor yang menggunakan media lintasan untuk aktivitas kompetisinya. Seperti, lari estafet, lari jarak pendek dan lari jarak jauh. 

Baca Juga: Mengenal Atletik: Pengertian, Sejarah dan Jenis Nomor

Sedangkan untuk nomor lapangan, terdiri dari banyak nomor yang menggunakan media lapangan. Di antaranya adalah nomor lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, lempar cakram dan masih banyak lagi. 

Dapat disimpulkan bahwa olahraga ini diadaptasi dari tempat kompetisinya. Yakni stadion yang menampilkan lintasan lari oval. Di sekelilingnya terdapat area berumput. Acara lempar dan lompat umumnya berlangsung di dalam area berumput tersebut.

Acara atletik modern biasanya diselenggarakan di sekitar lintasan lari 400 meter, di mana sebagian besar acara lari berlangsung.  Nomor lapangan (lompat dan lempar) sering dilakukan di lapangan di tengah lintasan lari.

Dalam bahasa lain, ada yang menyebut bahwa atletik merupakan istilah yang mencakup olahraga dan permainan kompetitif manusia yang membutuhkan keterampilan fisik. Di sisi lain, atletik juga merujuk pada sistem pelatihan yang mempersiapkan atlet untuk performa kompetitif. (*)

 

  RELATED ARTICLES