SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran berlatih atletik di sekolah

SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran akan mengirim 40 siswa untuk bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia - West Java Qualifiers tahun 2023. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari keikutsertaan pada tahun sebelumnya. Menurut guru SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran, Untung Sugeng Nugroho, para siswanya begitu antusias. 

“Karena sudah mencoba di tahun kemarin, memang ada niat untuk mengirim lebih banyak siswa tahun ini. Tentunya ini berkat sinergi dari komite sekolah, wali murid dan guru-guru yang lain. Harapannya ya anak-anak kami bisa memiliki pengalaman lebih banyak,” ungkap Untung. 

Tahun ini, SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran juga akan menjajal nomor baru. Jika tahun sebelumnya sekolah tersebut bersaing di supporting event, Kids’ Athletics, tahun ini mereka akan mencoba lari estafet. Bahkan, Untung telah menemukan kandidatnya sejak pengumuman SAC Indonesia dikeluarkan. 

“Ada anak-anak yang memang sudah saya pilih untuk lari estafet. Karena tahun kemarin saya lihat estafet kok seru sekali ya. Bisa nih saya coba di season berikutnya untuk coba nomor estafet. Batin saya waktu itu begitu. Dan tahun ini juga realisasinya. Pas ada delapan orang, ya sudah saya ikutkan,” ungkap Untung. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Dengan begini juga, guru-guru SDN 016 Dr. Cipto Pajajaran bisa mengidentifikasi minat dan bakat siswa. Khususnya untuk pelajaran olahraga. “Tahun ini peminatnya lebih banyak, jadi kami bisa lebih tahu anak-anak lebih suka dengan olahraga seperti apa. Ini juga bisa jadi program lanjutan di sekolah,” lanjutnya. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran untuk Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES