Para pelajar SMPN 2 Padalarang sedang berlatih untuk mempersiapkan SAC Indonesia

SMPN 2 Padalarang kembali ke panggung ke Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Tahun ini, sekolah tersebut akan mengikutsertakan sebanyak 15 pelajar di berbagai nomor. Mulai dari lompat jauh, 800 meter, estafet 5x80 meter, tolak peluru hingga lari 80 meter. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yang hanya 10. 

“Kami kali ini mengirim yang rata-rata kelas VIII dan VII. Karena yang tahun kemarin kebanyakan kelas IX. Jadi kemarin yang ikut SAC Indonesia pasti sudah lulus sekarang,” ungkap Herdiana Saputra, pelatih sekaligus ofisial dari SMPN 2 Padalarang. 

Dengan membawa lebih banyak delegasi, SMPN 2 Padalarang berharap mendominasi nomor-nomor tertentu. Misalnya, lompat jauh putra maupun 100 meter putra. Terlebih lagi, SMPN 2 Padalarang memang memiliki ekstrakurikuler atletik. Sehingga, beberapa siswa telah teridentifikasi unggul di nomor-nomor tersebut. 

“Kami memang biasanya berlatih setiap hari. Tapi ini karena beberapa hari terakhir ada penilaian akhir semester, sehingga kami break latihan. Nanti lanjut lagi setelah liburan sekolah atau pengambilan rapot,” kata Herdiana. 

Herdiana juga mengapresiasi dengan adanya SAC Indonesia. Pasalnya, pelajar di Jawa Barat menjadi lebih giat berlatih dan menargetkan kompetisi. “Kalau menurut saya dengan adanya SAC ini sangat membantu dengan banyak kompetisi. Dengan begini, anak-anak menjadi punya target kompetisi, bahkan SAC Indonesia masuk dalam kalender PASI Jawa Barat,” kata Herdiana. 

Ke depannya, Herdiana berharap bahwa sistem kompetisi bertingkat dari SAC Indonesia juga diperluas untuk jenjang SMP. Bahkan, SD. Pasalnya, SAC Indonesia dapat menjadi kalender tahunan perlombaan atletik di Indonesia. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di ketiga wilayah itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES