Pili Dwi Ariyanti saat mengikuti Bali Nusra Qualifiers

Registrasi SAC Indonesia untuk Bali Nusra Qualifiers telah dibuka pada Rabu, 7 Juni 2023. Para pelajar dari wilayah tersebut dapat segera mendaftar. Disebut sebagai lumbung atletik Indonesia, diharapkan banyak pelajar dengan bakat atletik dari Bali Nusra Qualifiers yang ditemukan dalam kompetisi tersebut. 

Mendengar registrasi SAC Indonesia dibuka, juara lompat jauh putri dari Bali Nusra Qualifiers, Pili Dwi Ariyanti, SMAN 2 Sumbawa Besar, mengaku senang. Pasalnya, Pili melihat SAC Indonesia memberi wadah bagi pelajar SMP dan SMA untuk berprestasi dalam cabang olahraga atletik. Pili juga berharap pelajar-pelajar di Bali Nusra aktif untuk mengikuti kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

“Aduh, keren banget sih kalo diadain lagi, dan SAC Indonesia tahun ini pasti bakal lebih banyak pendaftar. Terutama bagi anak anak smp dan SMA yang sebelumnya sudah pernah ikut dan mereka belum berkesempatan untuk naik podium tahun lalu. Pasti mereka bakal senang dengar kabar kalau SAC Indonesia akan diadakan lagi tahun ini,” kata Pili. 

Pili yakin bahwa pelajar dari Bali Nusra Qualifiers telah menyiapkan diri. Apalagi, beberapa pelajar telah berpengalaman dalam mengikuti SAC Indonesia. “Dengan adanya SAC Indonesia ini, teman-teman tuh punya berkesempatan untuk berlomba, dan ada tingkatannya lagi di nasional dan hadiah ke Australia,” ungkap Pili. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Sementara itu, Asri Dwi Handayani, juara tolak peluru Bali Nusra Qualifiers juga mengungkapkan hal serupa. Ia berharap pelajar di Indonesia berlatih dengan giat dan tekun. 

“Moga tahun ini semangat latihan para atlet atletik makin keras dan terimakasih juga sama SAC karena telah ngadain event sekeren itu dan mampu menjaring bibit-bibit unggul di olahraga terutama atletik,” kata Asri. 

Meskipun kedua juara tersebut senang, mereka mengaku sedih karena tak dapat kembali berpartisipasi. “Sedih saya nggak bisa ikut lagi. Tapi nggak apa-apa ada event lain. Cuma ya senang banget dapat pengalaman seberhaga itu,” ungkap Asri. 

Baca Juga: Manajemen Waktu Pili Dwi Ariyanti Demi Tampil Maksimal di National Championship

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di ketiga wilayah itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES