Registrasi Student Athletics Championships (SAC) Indonesia Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Para pelajar dari SD, SMP dan SMA yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisial diperbolehkan untuk mendaftar. Pendaftaran untuk SAC Indonesia dapat dilakukan secara online melalui website www.sacindonesia.com. Registrasi akan berlangsung mulai 7 Juni - 19 Oktober 2023. 

Tahun ini, SAC Indonesia untuk Bali Nusra Qualifiers akan diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Yang akan diselenggarakan pada 26-28 Oktober. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut diharapkan mampu menjaring kembali pelajar bertalenta dari Bali dan Nusa Tenggara.

Nantinya, para pelajar di Bali dan Nusa Tenggara dapat mengikuti lima main event yang telah disediakan. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. 

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sebentar Lagi Dibuka, Siapkan 9 Berkas Ini!

Yad Hafizudin, juara National Championship dan wakil MA Al-Ijtihad Danger di nomor 1.000 meter putra, mengungkapkan antusiasme dan apresiasinya pada penyelenggaraan SAC Indonesia. Rencananya, pemegang rekor SAC 1.000 meter tersebut juga akan kembali berlaga dalam perlombaan tahun ini. 

“Alhamdulillah dibuka lah pendaftaran untuk Bali-Nusra semoga teman-teman yang sedang persiapan SAC semangat dan jangan pernah menyerah. Nanti kita bertemu lagi di SAC Indonesia,” ungkap Yad. 

Dita Dwi Rizky Ayu Lestari, wakil SMAN 2 Kota Bima, NTB, di National Championship juga begitu semangat mengenai kabar dibukanya pendaftaran SAC untuk Bali Nusra Qualifiers. Meskipun sedih karena tak bisa kembali berlaga tahun ini, Dita tentunya akan tetap mendukung Bali Nusra agar kembali mendominasi di nomor lintasan. 

“Karena aku sudah lulus tahun ini jadi aku bagian menyemangati aja. Cuma ya aku seneng banget karena SAC Indonesia digelar lagi,” kata Dita. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.  Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak tatak caranya di bawah ini:

Guideline Pendaftaran

1. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran online melalui website www.sacindonesia.com dan klik menu Registration Here!

2. Calon peserta WAJIB mengisi informasi yang dibutuhkan di kolom pengisian Formulir Online yang tertera di website.

3. Pastikan berkas yang diunggah terbaca / terlihat dengan jelas dan sesuai dengan persyaratan (dianjurkan di scan).

4. Setelah pengisian data dan berkas selesai dilakukan, maka calon peserta akan mendapatkan email pemberitahuan.

5. Tahapan verifikasi data akan dilakukan setelah periode pendaftaran ditutup.

6. Tim sekretariat SAC Indonesia akan menghubungi calon peserta atau ofisial apabila terdapat data ataupun berkas yang tidak valid.

Cara Pendaftaran

1. Masuk ke web www.sacindonesia.com

2. Scroll  hingga menemukan opsi "Cara Registrasi Tim".

3. Download "Template Surat" dan "Syarat Pendaftaran".

4. Setelah itu peserta dapat melakukan registrasi ke Menu Register dengan klik "Registration Here".

5. Pilih "Kategori," "Regional Qualifiers," "Tingkat Pendidikan," "Sekolah" dan "Kompetisi".

6. Lengkapi data diri yang ada di form

7. Upload "Pas Foto" dan "Surat Pernyataan Kepala Sekolah"

8. Isi data diri Ofisial

9. Kemudian, upload "Foto ofisial" dan "Surat Tugas ofisial"

10. Lalu, Upload Berkas lainnya.

Setelah itu, periksa lagi form registrasi yang sudah diisi dan pastikan dengan benar. Jika sudah, klik kolom terakhir yang berisikan pernyataan bahwa kalian telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan klik "Submit." Setelah berhasil mendaftar, kalian akan mendapatkan email konfirmasi bahwa kalian telah terdaftar. (*)

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut hubungi: 

Admin Bali Nusra: 081333297465

 

  RELATED ARTICLES