Eki Febri Ekawati (Dok. Kemenpora)

Jawa Barat gudangnya atlet atletik berprestasi. Tak hanya pelatihan dan fasilitasnya, semangat pemuda-pemuda Jawa Barat juga begitu besar. Provinsi ini bahkan menjadi juara umum dalam gelaran PON XX Papua 2021. Nah kira-kira siapa sosok atlet atletik berprestasi asal Jawa Barat yang sudah mengharumkan nama Indonesia, berikut daftarnya:

Eki Febri Ekawati

Siapa sih yang nggak kenal dengan Eki Febri Ekawati? Salah satu atlet tolak peluru putri terbaik di Indonesia. Eki, sapaan akrabnya, merupakan atlet kelahiran Kuningan, Jawa Barat. Eki sukses meraih medali emas untuk Indonesia dalam nomor tolak peluru putih di SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan SEA Games 2022 Vietnam. 

Eki juga berprestasi saat sedang menyandang status sebagai pelajar. Atlet berusia 31 tahun itu pernah meraih podium pertama untuk tolak peluru putri dalam ASEAN University Games tahun 2014. Pada level Asia, Eki pernah menyabet medali perunggu dalam gelaran Asian Indoor Championships. 

Agus Prayogo

Nama berprestasi berikutnya ada Agus Prayogo. Salah satu atlet Indonesia yang telah mendunia. Khususnya untuk nomor lintasan, lari jarak jauh dan maraton. Agus baru saja meraih medali emas untuk lari maraton di SEA Games 2023 Kamboja. Namun, itu bukan pertama kalinya Agus memperoleh podium pertama di perlombaan maraton. Dalam SEA Games 2019 Filipina, Agus juga memperoleh medali emas di nomor yang sama. 

Agus juga mentereng di nomor lari jarak jauh 10.000 meter. Pria berusia 37 tahun tersebut pernah meraih medali emas di nomor yang sama pada SEA Games 2015 di Singapore dan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. 

Rikki Martin Simbolon

Rikki Martin Simbolon merupakan salah satu atlet atletik berprestasi asal Depok, Jawa Barat. Rikki baru saja meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 Kamboja untuk nomor 10.000 meter. Rikki sukses finis dengan catatan waktu 31 menit 8,85 detik. 

Ernawan Witarsa

Kalian mungkin sering mengenal ketiga nama di atas. Tetapi tahu nggak, ada salah satu atlet berprestasi Jawa Barat, yang namanya sampai di ajang Olimpiade. Ia adalah Ernawan Witarsa. Ernawan pernah tampil dalam Olimpiade 1984 di Los Angeles. Saat itu, usianya masih 18 tahun. Ia menjadi yang termuda dari kuartet Indonesia untuk nomor estafet. Yakni Purnomo, Christian Nenepath dan Johanes Kardiono. (*)

  RELATED ARTICLES