Para Champion SAC dalam Energen Champion SAC National Championship

Student Athletics Championships (SAC) Indonesia akan kembali bergulir tahun 2023. Pada musim kali ini, SAC Indonesia akan kembali menjaring pelajar bertalenta dari seluruh Indonesia. Khususnya untuk cabang olahraga atletik. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Nomor-nomor tersebut dapat diikuti oleh pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat). Namun, setiap jenjang pendidikan memiliki kategori perlombaan yang berbeda. 

Selain nomor perlombaan, SAC Indonesia akan kembali menggunakan sistem kompetisi bertingkat. Dari babak regional qualifiers menuju babak National Championship. Babak regional qualifiers merupakan kualifikasi di masing-masing wilayah kompetisi pertama. Sementara, babak National Championship diadakan di Jakarta. 

Para juara regional qualfiers untuk posisi pertama dan kedua akan diberangkatkan ke babak National Championship. Mereka akan diadu dengan juara dari semua regional qualifiers lainnya. Artinya, juara 100 meter Sumatera Qualifiers akan berlomba kembali di babak nasional melawan juara 100 meter dari regional qualifiers yang lainnya. 

Peserta National Championship adalah juara pertama (Winner), posisi kedua (Runner Up) dari masing-masing kategori yang diperlombakan dari keseluruhan qualifiers yang perhitungannya dan pemeringkatannya diputuskan oleh DBL Indonesia. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Pada musim pertama, babak National Championship sukses digelar di Stadion Madya, GBK, Jakarta. Pada musim kemarin, National Championship juga mendapatkan apresiasi luar biasa dari banyak pihak. Salah satunya adalah Presiden RI Joko Widodo. Yang hadir menonton perlombaan National Championship bersama enam menteri Kabinet Indonesia Bersatu. 

Nantinya, para juara dari National Championship diperlombakan untuk mengikuti international training camp. Pada musim pertama, juara National Championship memiliki kesempatan untuk mengikuti training camp ke Australia. 

Registrasi SAC Indonesia saat ini telah dibuka untuk Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers. Bagi pelajar di kedua wilayah tersebut yang memenuhi persyaratan bisa langsung mendaftar dengan klik DI SINI. (*)

  RELATED ARTICLES