Kalian mungkin pernah mendengar beberapa perlombaan dengan akhiran “-athlon.” Mulai dari Decathlon, Heptathlon, Triathlon hingga Pentathlon. Jenis-jenis olahraga tersebut meminta atlet untuk mengikuti beberapa nomor lomba. Mulai dari lari, melempar hingga melompat. 

Pertanyaannya, dari mana acara multi event berasal? Dalam pentathlon modern, misalnya, pacuan kuda dipadukan dengan anggar dan menembak. 

Multi event di olahraga selalu dirancang untuk menunjukkan bahwa para atlet memiliki kemampuan untuk melakukan disiplin dan memamerkan berbagai aspek yang berbeda sebagai seorang olahragawan. 

Kata “-athlon” berasal dari kata Yunani á¼Â†θλον, yang berarti “kontes olahraga”. Ini juga bisa berarti “hadiah kontes” atau “tempat kontes”. Penamaan ini memberi tentunya dapat memberikan kalian gambaran tentang asal-usulnya. 

Namun, setiap multi event memiliki sejarah dari berbagai peristiwa berbeda, dengan peristiwa khusus yang menentukan kapan dimulainya dan mengapa itu terjadi. 

Pentathlon

Pentathlon berasal dari bahasa Yunani “péntathlon”, yang berarti kontes lima acara. Jadi lima cabang olahraga dipertandingkan, seperti pentathlon asli.

Meskipun versi Yunani Kuno dari olahraga ini hanya melibatkan lomba lari, gulat, lompat jauh, lempar lembing, dan cakram, pentathlon modern juga menempatkan para pesaing dalam perlombaan anggar, renang gaya bebas lebih dari 200 meter, berkuda, dan acara terakhir yang menampilkan atlet berlari sejauh 3.200 meter. 

Pentathlon asli dirancang untuk membentuk prajurit yang sempurna, dengan versi modern juga meminta peserta menunjukkan keahlian mereka di bidang militer yang penting.

Heptathlon

Dengan nama yang berasal dari bahasa Yunani 'επτά á¼Â„θλος', heptathlon adalah acara yang terdiri dari tujuh event olahraga. Ada dua heptathlon yang berbeda, satu untuk pria dan satu lagi untuk wanita. Keduanya juga terdiri dari acara yang berbeda dan cara kerja yang berbeda. 

Baca Juga: Mengenal Heptathlon, Kompetisi dengan Gabungan Beberapa Olahraga

Heptathlon putra, misalnya, cenderung diadakan di dalam ruangan, sementara heptathlon putri adalah acara outdoor dan baru diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1984. Untuk nomor putra, peserta diminta untuk mengikuti tujuh disiplin berikut:

- 60 Meter

- Lompat jauh

- Tolak peluru

- Loncat tinggi

- Lari Gawang 60 Meter

- Lompat galah

- 1.000 Meter

Para atlet mencetak poin sesuai dengan penampilan mereka. Yang mencapai jumlah poin tertinggi memenangkan acara tersebut. 

Untuk wanita, acara biasanya diadakan di luar ruangan dan biasanya dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama, disiplin ilmu berikut akan dipertandingkan:

- Lari Gawang 100 Meter

- Loncat tinggi

- Tolak peluru

- 200 Meter

- Tiga disiplin terakhir biasanya dipertandingkan pada hari kedua dan adalah sebagai berikut:

- Lompat jauh

- Lempar lembing

- 800 Meter

Heptathlon menggantikan pentathlon sebagai acara disiplin gabungan utama untuk wanita pada 1980-an, dengan lempar lembing dan 800 meter sebagai tambahannya. Mereka ditambahkan ke daftar Olimpiade pada tahun 1984. 

Decathlon

Salah satu multievent lainnya adalah Decathlon. Berasal dari bahasa Yunani δέκα á¼Â„θλος, yang bermakna “sepuluh kontes”, decathlon mengharuskan atlet melakukan sepuluh disiplin berbeda selama dua hari berturut-turut, dengan pemenangnya adalah orang yang melakukan yang terbaik di semua disiplin. 

Hasil perlombaan ditentukan berdasarkan pemberian poin, berbeda dengan posisi yang diselesaikan atlet. Pemenang decathlon  sering dianggap sebagai “atlet terhebat di dunia”. 

Baca Juga: Mengenal Decathlon, Gabungan Perlombaan Atletik dari Zaman Yunani Kuno

Acara ini serupa sifatnya dengan pentathlon yang diadakan di Pertandingan Yunani Kuno. Sebelumnya, decathlon hanya dipertandingkan oleh pria. Namun, pada tahun 2001,World Athletics, menyetujui tabel penilaian untuk decathlon putri. (*)

  RELATED ARTICLES