Bayanillah mencoba lempar lembing dalam training camp Australia Tour di Perth, Australia

Decathlon merupakan salah satu perlombaan dalam cabang olahraga atletik yang terdiri dari sepuluh nomor. Kata decathlon berasal dari bahasa Yunani. Yang artinya "deka" berati sepuluh, dan "athlos" yang berarti feat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai prestasi. Decathlon kategori putra menjadi program di bawah Olimpiade.

Sebagian besar kompetisi decathlon diadakan selama dua hari. Setiap peserta menerima skor berdasarkan hasil mereka di setiap nomor, dengan pemenangnya adalah atlet dengan skor total tertinggi.

Ada dua kategori dalam perlombaan ini, decathlon putra dan decathlon putri. Decathlon putra terdiri dari lari cepat 100 meter, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, dan 400 meter untuk hari pertama;. Sementara itu, lari gawang 110 meter, lempar cakram, lompat galah, lempar lembing, dan lari 1500 meter untuk decathlon hari kedua.

Dalam decathlon putri, perlombaan terdiri dari 100 meter, lempar cakram, lompat galah, lempar lembing dan 400 meter untuk hari pertama. Lari gawang 100 meter, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, dan 1500 meter diadakan untuk hari kedua.

Ada juga decathlon dengan lama perlombaan satu jam. Dalam versi ini, para atlet harus memulai sepuluh perlombaan terakhir dalam waktu satu jam setelah dimulainya kompetisi pertama.

Sejarah Decathlon

Decathlon pertama kali dikembangkan dari kompetisi pentathlon kuno yang diadakan di Olimpiade Yunani kuno. Saat itu dibagi menjadi lima nomor. Yakni  lompat jauh, lempar cakram, lempar lembing, lari cepat dan satu pertandingan gulat.

Decathlon berlangsung selama beberapa dekade hingga 1912 ketika pertama kali muncul di program atletik Olimpiade di Stockholm tetapi diperkenalkan sebagai acara tiga hari.

Baca Juga: Mengenal Heptathlon, Kompetisi dengan Gabungan Beberapa Olahraga

Sebutan untuk Atlet Decathlon

Seorang atlet decathlon disebut decathlete. Seorang decathlete berkompetisi di salah satu olahraga yang membentuk acara besar.

Decathletes diizinkan untuk melakukan satu start salah dalam kompetisi lintasan. Awal yang salah kedua akan menyebabkan diskualifikasi. Dalam nomor lapangan, lompat jauh dan lempar lembing setiap atlet dibatasi tiga kali percobaan.

Jika atlet mengakhiri kompetisi dengan poin yang sama, pemenang bersama diumumkan. Dalam decathlon, seorang decathlete membutuhkan kecepatan, kekuatan eksplosif, keterampilan, dan ketangkasan. (*)

  RELATED ARTICLES