Olimpiade merupakan salah satu kompetisi paling populer di dunia untuk multi-event. Pada 2024, Olimpiade akan diadakan di Paris, Prancis. Diikuti lebih dari 10,000 atlet. Mereka akan memperebutkan lebih dari 500 medali di 35 cabang olahraga. Dengan 45.000 volunteers turut berkontribusi menyukseskan kejuaran tersebut. 

Kali ini, SAC Indonesia akan merangkum beberapa cabang olahraga paling populer dan ditonton diperlombakan di Olimpiade. 

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Olimpiade Paris 2024

1. Senam

Kejuaraan senam dunia tidak pernah menjadi topik utama pembicaraan di televisi. Namun, ceritanya akan berbeda jika Olimpiade yang menyiarkan, olahraga ini menjadi salah satu  yang paling banyak ditonton.

Senam telah menjadi program resmi di Olimpiade sejak Olimpiade Athena 1896. Disebut sebagai salah satu olahraga yang paling terampil, senam telah menjadi olahraga Olimpiade yang paling banyak ditonton sejak tahun 1996.

2. Atletik

Atletik disebut sebagai cabang olahraga tertua di dunia. Bahkan sejarahnya bisa ditelusuri hingga Olimpiade-Yunani kuno.

Dalam hal partisipasi, atletik juga disebut sebagai olahraga terbesar. Baik dari jumlah atlet maupun disiplin yang diperlombakan. Ketika digelar di Olimpiade, atletik akan menjadi cabor yang paling banyak disaksikan. Tiket stadion selalu habis terjual. Final estafet nomor 100m, 200m, dan 100m adalah acara yang paling banyak ditonton

3. Renang

Sama seperti senam, kejuaraan renang dunia juga tidak terlalu mencuri perhatian. Namun, akan berbeda jika Olimpiade yang menyelenggarakan. Renang mempunyai event terbanyak kedua setelah atletik, olahraga ini sangat populer. Itu dipengaruhi dengan persaingan antara negara dan jumlah atlet yang memiliki karier panjang di kompetisi ini. 

4. Sepak bola

Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga paling popular di seluruh dunia. Di level Olimpiade, ketenaran olahraga semakin bertambah. 

Sebenarnya, sepak bola tidak dimasukkan dalam tahun-tahun awal Olimpiade, namun karena perkembangannya begitu cepat, olahraga ini kemudian menjadi salah satu perlombaan utama Olimpiade. 

5. Rugby

Salah satu olahraga paling banyak ditonton di Olimpade adalah rugby. Sejak kembali ke program Olimpiade di Rio 2016, dengan format tujuh, rugby menjadi sukses besar. Tiket stadion terjual habis dan jutaan orang di seluruh dunia secara rutin menyaksikan kompetisi tersebut.

6. Angkat Besi

Favorit penonton lainnya di Olimpiade adalah angkat besi.

Setiap atlet angkat besi mendapat tiga kali percobaan, dan total gabungan dari dua angkatan tertinggi yang berhasil menentukan hasil keseluruhan dalam suatu kategori berat badan, masing-masing pemenang mendapat gelar atlet terkuat di kategori berat badannya. Inilah yang membuat olahraga angkat besi populer. Karena beberapa format kompetisinya begitu menegangkan. 

7. Tenis

Tenis menjadi salah satu olahraga yang begitu diperhitungkan di Olimpiade dalam beberapa tahun terakhir karena semua superstar terlibat. Nama-nama seperti Serena Williams dan tiga besar petenis lainnya, seperti Federer, Djokovic dan Nadal, menarik banyak penonton. (*)

  RELATED ARTICLES