Perlombaan World Athletics Championships (World Athletics)

Tiongkok menjadi salah satu negara dengan prestasi olahraga atletik yang luar biasa. Tak heran jika Negeri Panda tersebut selalu dipilih menjadi tuan rumah berbagai kompetisi olahraga. 

Terakhir, World Athletics telah memutuskan untuk memilih Beijing, Tiongkok, sebagai tuan rumah World Athletics Championships 2027.

Keputusan tersebut diambil pada World Athletics Council Meeting ke-234, yang diadakan di Glasgow menjelang World Athletics Indoor Championships, pada 1-3 Maret. 

Baca Juga: World Athletics Championships: Pengertian Sejarah, Nomor dan Atlet

Penyelenggaraan World Athletics Championships di Beijing, Tiongkok bukanlah yang pertama. Kompetisi yang sama pernah digelar di sana. Tepatnya pada 2015 silam. Dan hampir dua puluh tahun sejak Olimpiade Beijing digelar. 

Nantinya, World Athletics Championships 2027 akan kembali melombakan jajaran atlet dunia. 

Tiongkok juga akan menjadi tuan rumah World Athletics Indoor Championships tahun depan, di Nanjing.

Presiden World Athletics Sebastian Coe menyebut pemilihan Tiongkok sebagai salah satu tuan rumah kejuaraan atletik di dunia dikarenakan Tiongkok merupakan salah satu pasar olahraga terbesar di dunia. Negara tersebut bahkan sukses menyelenggarakan Wanda Diamond League pada 2023. Dengan penonton mencapai 368,9 juta. 

Wang Nan, World Athletics Council dan Wakil Presiden Chinese Athletics Association (CAA) memberikan apresiasi yang besar terhadap World Athletics. Karena telah memberikan kepercayaan kepada Tiongkok. Khususnya Beijing. Untuk menjadi tuan rumah dalam kompetisi atletik terbesar di dunia. 

Baca Juga: Mengenal Diamond League, Kompetisi Atletik Paling Bergengsi di Dunia

"Kami akan melakukan segala upaya untuk mempersiapkan kejuaraan, memastikan bahwa kejuaraan akan diadakan dengan standar kualitas tertinggi, dan berusaha untuk mempersembahkan World Athletics Championships yang luar biasa untuk memberikan lebih banyak kontribusi terhadap pengembangan atletik di seluruh dunia," katanya. 

Beijing menjadi kota pertama di dunia yang menyelenggarakan Olimpiade musim panas dan musim dingin. Olahraga banyak mempengaruhi perkembangan pada Ibu Kota kuno ini. 

Baca Juga: Tiongkok Bakal Jadi Tuan Rumah Diamond League 2024

Sebagai informasi, edisi terakhir World Athletics Championships diadakan di Budapest pada Agustus, sedangkan Tokyo akan menjadi tuan rumah acara tersebut pada 2025.

Dengan diumumkannya Tiongkok sebagai tuan rumah berikutnya, empat World Athletics Championships terakhir digelar di empat negara dengan perekonomian terbesar di dunia: AS (Oregon), UE (Budapest), Jepang (Tokyo), dan Tiongkok (Beijing). (*)

  RELATED ARTICLES