SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air. Pada musim 2023, SAC Indonesia digelar di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, Central Java dan East Java. Selama penyelenggaraan tersebut, SAC Indonesia 2023 telah ditonton lebih dari 60 ribu orang. 

Beberapa di antara jumlah tersebut adalah sosok tokoh penting dengan berbagai latar belakang. Mulai dari atlet atletik, basket hingga influencer. Berikut adalah deretan tokoh penting yang pernah menonton SAC Indonesia 2023: 

1. Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menghadiri pembukaan SAC Indonesia 2023 di Sumatera Qualifiers, pada 1 September 2023, di Universitas Negeri Medan (Unimed). Edy bahkan sempat membuka kompetisi atletik pelajar terbesar itu dengan menjadi starter di perlombaan sprint 60m. 

Saat itu, Edy didampingi oleh Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung dalam melihat penyelenggaraan SAC Indonesia. Menurut Edy, kompetisi ini dapat membantu pengembangan olahraga atletik dan menemukan bibit baru penerus atletik di Indonesia. 

Baca Juga: Pecah Rekor 6.023 Peserta, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Bangga

2. Suryo Agung Wibowo

Suryo Agung Wibowo adalah pelari terbaik Indonesia hingga saat ini. Atlet kelahiran Surakarta tersebut merupakan pemegang rekor SEA Games. Ia adalah juara dari sprint 100m putra di SEA Games 2009 di nomor tersebut dengan catatan waktu 10,17 detik. Catatan waktunya itu masih memimpin klasemen SEA Games hingga hari ini. 

Suryo Agung Wibowo beberapa kali terlibat di SAC Indonesia sebagai talent scouting. Ia bahkan turut aktif memberikan motivasi dan pelatihan bagi student athlete SAC Indonesia di berbagai kesempatan. 

3. Lalu Muhammad Zohri

Lalu Muhammad Zohri merupakan salah satu atlet atletik yang mentereng di sprint 100m putra. Ia pernah menjuarai World Athletics U20 Championships di Finlandia. Zohri juga meraih medali emas di SEA Games di Kamboja untuk relay 4x100m. Hingga saat ini, Zohri menjadi wakil Indonesia di berbagai kompetisi dunia. 

Atlet asal Lombok Utara tersebut, sempat menghadiri penyelenggaraan final National Championship 2023, di Solo, Jawa Tengah pada Januari 2024. Lalu Zohri bahkan mengaku kagum dengan beberapa student athlete yang memiliki pencapaian luar biasa. 

Baca Juga: Pegang Rekor SAC 100m, Lalu Zohri dan Suryo Agung Kagum dengan Arfiansyah

4. Yuni Anggraeni 

Yuni Anggraeni merupakan salah satu roster timnas basket putri Indonesia. Atlet berusia 29 tahun tersebut memperkuat tim Tanah Air saat meraih medali emas SEA Games 2023. Saat itu, timnas basket putri Indonesia mencetak poin 67-62. 

Yuni juga merupakan alumni DBL All-Star 2010. Salah satu program international training camp yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia di liga basket pelajarnya. 

Mengenang perjalanannya sebagai student athlete, Yuni hadir di penyelenggaraan SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Yang diselenggarakan pada November 2023 lalu, di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah. 

5. Bayu Kertanegara

Bayu Kertanegara menjadi salah satu tamu yang hadir di National Championship 2023. Sprinter kebanggaan Indonesia itu hadir untuk menonton final yang ada di Solo, Jawa Tengah. 

Sebagai informasi, Bayu Kertanegara adalah atlet kebanggaaan Indonesia yang juga pernah meraih medali di Asian Games 2018, yang digelar di Indonesia, untuk nomor relay 4x100m putra. Saat itu, Bayu memperkuat tim dalam negeri bersama dengan Lalu Muhammad Zohri, Fadlin dan Eko Rimbawan. 

6. Serafi Unani

Serafi Unani merupakan salah satu sprinter wanita andalan Indonesia. Serafi pernah menyabet medali emas di SEA Games 2011, yang digelar di Jakarta-Palembang. Dia adalah pemegang gelar "Perempuan Tercepat di Asia Tenggara". 

Pada musim 2023, Serafi hadir di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, dengan menjadi salah satu panitia perlombaan. Menurut Serafi, kompetisi seperti SAC Indonesia harus terus digelar untuk melahirkan regenerasi atletik Indonesia. 

Baca Juga: Serafi Unani: Pejuang Lintasan dan Bangku Sekolah

7. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo

Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, atau Gusti Bhre, adalah Raja Mangkunegara X. Ia merupakan salah satu tokoh penting yang pernah ikut merasakan keseruan atmosfer dari kompetisi SAC Indonesia. Gusti Bhre pernah hadir di Kejuaraan final National Championship 2023. (*)

  RELATED ARTICLES