Pirlo Andreas Reybin bersama jajaran pesaing middle distance 1.000m putra di final Jakarta Banten Qualifiers 2023

Nama Pirlo Reybin Andreas semakin menggema di dunia atletik Ibu Kota. Siswa SMAN 68 Jakarta tersebut meraih gelar runner up middle distance 1.000m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Padahal, ia baru saja mendalami atletik. Tepatnya sejak Maret 2023. 

Masuknya Pirlo ke klasemen tertinggi middle distance 1.000m putra membuat persaingan SAC Indonesia 2023 semakin seru. Apalagi, Pirlo berkompetisi dengan jajaran juara middle distance 1.000m putra di Jakarta, seperti Simon Hamonangan Aruan dari SMAN 23 Jakarta dan Taffarel Juan Chrissanto dari SMAN 2 Kota Tangsel. 

"Aku awalnya itu ikut SAC Indonesia tahun lalu. waktu itu kalah di final tanpa persiapan apapun, belum ada club juga. Nah, tahun ini ikut lagi dan bisa podium kedua di Jakarta Banten Qualifiers," kata Pirlo, yang saat ini duduk di bangku kelas 12. 

Rupanya, Pirlo telah lama akrab dengan kompetisi DBL. Sebelumnya, ia sempat bersaing dalam liga DBL DKI Jakarta Series - North Region. Ia adalah roster SMAN 68 Jakarta selama tiga tahun berturut-turut. 

"Nah, ikut DBL lebih dulu. Terus baru SAC. Dan sudah ikut basket sejak SD. Selain basket, pas itu masih aktif taekwondo juga jadi nggak terlalu fokus untuk di atletik. Singkat cerita, tangan aku patah pas tanding taekwondo jadi harus istirahat lagi sekitar 6 bulan, nah pada saat itu aku diajak temen aku buat latihan atletik," lanjut Pirlo. 

Baca Juga: Top 5 Catatan Waktu Terbaik Middle Distance 1.000m Putra 2022-2023

Piro Reybin Andreas juga bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Sayangnya, ia belum berhasil meraih podium juara. Tahun ini, Pirlo lulus sebagai siswa SMAN 68 Jakarta. "Sudah kelas 12, jadi nggak bisa ikut lagi SAC dan DBL. Tapi semoga dua-duanya semakin menginspirasi anak muda," terang Pirlo. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Musim kedua dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut dimulai dengan babak regional qualifiers dan ditutup dengan National Championship, yang tuntas digelar pada Januari 2024 lalu. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES