Aksi Usain Bolt di Grand Prix 2017

False start merupakan salah satu kesalahan paling dihindari oleh para atlet lari jarak pendek. Pasalnya, fenomena ini dapat membuat atlet didiskualifikasi, sehingga tidak dapat mengikuti perlombaan. 

Bagi kamu yang belum mengetahui, false start atau dikenal sebagai kondisi mendahului start adalah fenomena ketika seorang atlet mulai berlari sebelum pistol starter-nya berbunyi atau setelah berbunyi dalam reaksi waktu tertentu. 

Baca Juga: Memahami False Start dalam Sprint dan Cara Menghindarinya

Beberapa atlet pemula tak jarang mengalami kondisi ini ketika perlombaan final diisi oleh pemimpin klasemen teratas. Namun, tahukah kamu kalau atlet profesional juga pernah mengalami false start. Siapa saja mereka?

1. Devon Allen 

Devon Allen, atlet atletik asal AS, berhasil masuk babak final lari gawang 110 meter di World Championships 2022. Sayangnya, false start mengentikan langkahnya untuk menjadi juara dunia. 

Devon didiskualifikasi dari final lari gawang 110 meter di World Athletics Championships 2022 setelah Devon dinyatakan bereaksi terlalu cepat terhadap suara pistol start. Peraturan menyatakan bahwa setiap waktu reaksi dalam 0,100 detik setelah bunyi pistol menunjukkan false start, dan Devon Allen menunjukkan terlalu cepat.

Devon Allen telah mengamankan tempat otomatis salah satu dari delapan finalis dengan finis kedua di semifinal sehari sebelumnya dengan waktu 13,09 detik, peningkatan yang signifikan dari waktu heat awal 13,47 detik.

2. Yanni Wu

Kejadian false start mengejutkan terjadi Asian Games Hangzhou 2022. Atlet Tiongkok, Yanni Wu, sangat terlihat melakukan start lebih awal. 

Setelah berdiskusi, wasit memutuskan untuk membiarkan semua atlet bertanding terlebih dahulu dan kemudian mengambil keputusan. 

Di babak final, atlet Tiongkok Lin Yuwei melintasi garis finis terlebih dahulu dengan catatan waktu 12,74 detik, meraih rekor pribadi terbaik. Wu menyusul dengan catatan waktu 12,77 detik, finis kedua. Namun, panel wasit akhirnya mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi Wu dari ajang tersebut.

3. Usain Bolt

Sprinter Jamaika, Usain Bolt, yang memenangkan Olimpiade Beijing 2008 hingga Olimpiade Rio 2016 rupanya juga pernah mengalami false start.

Pada tahun 2009, Bolt mencetak rekor dunia dengan lari 9,58 dalam lari 100m di World Championships 2009, yang secara resmi memberinya julukan "Manusia Tercepat di Dunia".

Namun, ada satu kegagalan dalam kariernya, di mana dalam suatu kejuaraan, Bolt tidak memenangkan satu pun medali emas.

Baca Juga: Usain Bolt Ternyata Juga Pernah Kalah

Pada World Championships Daegu 2011, Bolt didiskualifikasi dari final 100m setelah melakukan false start, sebuah kesalahan yang tidak terduga karena ia terkenal selalu tepat waktu setiap kali keluar dari start block.

Rekan senegaranya dan rival tuan rumahnya, Yohan Blake, lah yang memenangkan perlombaan.

False start yang pernah dilakukan Bolt menggemparkan dunia. Saat itu, Bolt sampai melepas jersey-nya dan melemparkannya ke tanah karena frustrasi. (*)

  RELATED ARTICLES