Perlombaan middle distance 1.000m putra di National Championship 2023

Kamu mungkin penasaran, kenapa sih wajib join SAC Indonesia di musim baru. Apakah karena hadiahnya besar atau karena konsep kompetisinya yang menyenangkan? Nah kali ini SAC Indonesia bakal ngasih tahu kamu alasan kenapa kamu wajib join SAC Indonesia di musim baru dan kamu wajib mempersiapkan diri mulai sekarang. 

Penasaran apa aja alasannya? Simak artikel satu ini sampai habis ya!

SAC Indonesia adalah kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia hasil kolaborasi DBL Indonesia dan PB PASI. Pada Januari 2024 lalu, SAC Indonesia baru saja menyelesaikan season keduanya. 

Meskipun baru menyelenggarakan dua season, SAC Indonesia dengan cepat menjadi kompetisi favorit pelajar dalam dua tahun terakhir. Pesertanya mencapai lebih dari 62 ribu, dari season 2022 dan 2023. Berikut adalah beberapa alasan utama SAC Indonesia jadi kompetisi favorit pelajar. 

1. Punya Reward Training Camp ke Luar Negeri

SAC Indonesia adalah satu-satunya kompetisi atletik pelajar terbesar yang punya reward training camp ke luar negeri. Reward ini berlaku untuk para juara kompetisi National Championship khusus jenjang SMA. Tujuan dari training camp ke luar negeri adalah melatih anak Bangsa Indonesia untuk mengenal dunia olahraga di negara lain, serta merasakan pengalaman perlombaan yang berbeda dengan Indonesia. 

Di musim perdana, yakni SAC Indonesia 2022, DBL Indonesia dan PB PASI berhasil memberangkatkan sebanyak 16 pelajar terbaik dari nomor lomba sprint, middle distance, longjump, shot put dan relay untuk melakoni pemusatan pelatihan di Perth, Australia. 

Nah, di musim baru ini, SAC Indonesia 2023 memberikan reward bagi juara National Championship 2023 untuk melakukan training camp ke Tiongkok. 

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

2. Menggunakan Standar World Athletics

SAC Indonesia telah menggunakan standar dari federasi atletik dunia atau dikenal sebagai World Athletics. Mulai dari penggunaan photo finish untuk menentukan kemenangan di nomor lintasan, pemilihan stadion yang berstandar internasional hingga regulasi perlombaan yang diadopsi dari World Athletics Rules. 

Selain itu, meskipun SAC Indonesia adalah kompetisi atletik pelajar, penerapan peraturan dan petugas perlombaan sama seperti kompetisi profesional. Sehingga, jangan khawatir adanya perbedaan cara perlombaan. 

3. Adanya Sosialisasi di Setiap Lini

Berbeda dengan kompetisi profesional, SAC Indonesia memiliki proses sosialisasi di berbagai lini. Proses sosialisasi ini berkaitan dengan cara dan regulasi perlombaan diterapkan. Sehingga, jika kamu pemula di olahraga atletik, jangan khawatir untuk ikut SAC Indonesia. 

Bahkan para petugas perlombaan dan wasit juga akan memberikan penjelasan jika kamu belum mengerti peraturan dan peralatan yang akan digunakan. 

4. Konsep Kompetisi yang Menyenangkan

Karena SAC Indonesia memang diperuntukkan bagi pemula, maka DBL Indonesia bersama PB PASI mengemas kompetisi atletik dengan vibes yang lebih menyenangkan. Ada permainan seru yang ditampilkan dan entertainment lagi selama perlombaan berlangsung. 

5. Tidak Membatasi Jumlah Peserta

SAC Indonesia tidak membatasi jumlah peserta yang dapat mendaftar di kompetisi tersebut. Pasalnya, selain mengemas perlombaan dengan vibes yang menyenangkan. SAC Indonesia juga menjalankan konsep pemassalan, yang saat ini juga getol dilakukan oleh PB PASI. 

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu wajib ikut SAC Indonesia di musim baru, gimana? Sudah siap berlatih besok? 

  RELATED ARTICLES