Perlombaan sprint di Junior Premium Challenge

Dalam event dengan babak penyisihan, mulai dari level sekolah hingga Olimpiade, pelari yang unggul di babak penyisihan sebelumnya akan di tempatkan di jalur tengah. Dengan kata lain, pelari tercepat di kompetisi tersebut akan berada di lintasan 3-6. 

Namun, aturan di atas menyebabkan asumsi bahwa lintasan tengah memiliki keuntungan lebih banyak di cabor atletik, dibandingkan lintasan yang lain. Asumsi lainnya muncul, seperti atlet yang tercepat di babak penyisihan, lebih diharagai dibandingkan pelari yang lebih lama. 

Menurut data statistik, keyakinan sebagian orang tentang jalur atletik yang menguntungkan tidak pernah didukung oleh data. Malah, untuk lari cepat 200m, bukti menunjukkan bahwa jalur yang sering dianggap sebagai jalur yang biasanya diinginkan sebenarnya adalah jalur tercepat. 

Mitos Jalur Tengah

Jika penetapan jalur memang penting, dampaknya akan paling terlihat pada event di mana pelari harus tetap berada di jalurnya selama seluruh, atau setidaknya sebagian besar, perlombaan, seperti 100 meter, 200 meter, 400 meter, dan 800 meter.

Mitos terkait jalur tengah sebagai yang tercepat paling sering dikaitkan dengan lomba lari cepat yang juga mencakup tikungan, seperti 200m dan 400m. Ada dua alasan di balik sudut pandang ini, dan keduanya berkaitan.

Alasan mengapa jalur dalam buruk adalah karena pada perlombaan lari dengan tikungan, jalur dalam lebih lambat karena tikungan yang harus dilalui pelari terlalu sempit. Para peneliti yang mempelajari biomekanik lari menemukan bahwa tikungan yang lebih sempit akan memperlambat pelari.

Sementara itu, alasan di balik jalur luar yang lambat berkaitan dengan start yang memaksa diperlukan untuk memastikan setiap pembalap berlari pada jarak yang sama. Karena hal ini, pelari di jalur luar tidak dapat melihat pesaingnya di sebagian besar lomba. 

Ada asumsi bahwa pelari luar mungkin memiliki motivasi lebih rendah untuk mengejar pesaing atau mengalami kesulitan mengukur kecepatan dengan peserta lainnya, karena mereka tidak dapat melihat pelari lain.

Baca: Macam-macam Lari Jarak Pendek dalam Olahraga Atletik

Semua Jalur Sama, Hanya Saja Kemampuan Pelarinya Berbeda

Di sebagian besar balapan, pelari tercepat ditempatkan di jalur tengah sesuai dengan peraturan kompetisi. Tak heran, pelari tercepat, yang berada di jalur tengah, sering menang. Apakah para pembalap ini menang karena jalur tersebut adalah yang tercepat atau karena para pelari tersebut cenderung menjadi yang tercepat? 

Salah satu cara menguji keunggulan lintasan adalah dengan menetapkan pelari secara acak ke lintasan tertentu dan melihat catatan waktu rata-rata mereka. Biasanya, pelari ditempatkan secara acak di jalur pada babak pertama. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli, dengan menggunakan sekitar 8.000 hasil perlombaan individu menemukan bahwa "yang menengah adalah yang terbaik" tidak didukung dengan baik oleh data. 

Pada Olimpiade 2016, orang-orang terkesima ketika Wayde van Niekerk memenangkan final 400 dari lintasan delapan, lintasan luar terjauh. Keheranan ini berasal dari keyakinan bahwa jalur delapan merugikan pelari. 

Data tidak mendukung hal ini. Namun hal yang mengesankan dari kemenangan van Niekerk adalah bahwa ia adalah salah satu pelari paling lambat yang lolos ke final. Itulah sebabnya ia ditempatkan di salah satu jalur yang “paling tidak diinginkan”. (*)

  RELATED ARTICLES