Aksi Dzaky Maulana di SAC Indonesia 2023 National Championship

Lompat jauh putra merupakan salah satu nomor besar di cabang olahraga atletik. Namun, lompat jauh juga seringkali disebut sebagai nomor lapangan tersulit. Nah, buat kamu yang pemula di lompat jauh, juara lompat jauh National Championship 2023, Dzaky Maulana dari SMAN 1 Blitar, berbagi tips untuk kamu yang pemula dalam lompat jauh. 

1. Pelajari Teknik Dasar Lompat Jauh 

Teknik dasar merupakan salah satu komponen penting dalam mempelajari lompat jauh. Khususnya adalah gerakan awalan. Mengingat awalan dapat mempengaruhi hasil lompatan di lompat jauh. Nah, dalam hal ini, peserta bisa mencoba latihan kecepatan antara 30m sampai 50m. "Latihannya harus rutin biar kerasa feel-nya," ungkap Dzaky. 

Latihan teknik dasar lompat jauh dapat dilakukan dalam berbagai hal. Pemula juga dapat berlatih bersama dengan pelatih. Kemudian pelajar juga dapat berlatih dengan menonton video kejuaraan-kejuaraan lompat jauh dan mengadopsi beberapa teknik yang digunakan. 

2. Coba Gaya Gantung atau Jongkok

Selain mempelajari teknik awalan, pelajar dapat mencoba untuk mulai melakukan beberapa gaya. Di antaranya, gaya gantung (hang) atau jongkok (tuck). "Saya dulu pakai gaya jongkok, terus sekarang mulai belajar gaya berjalan di udara. Kalau menurut saya, untuk gaya senyamannya aja sih," tutur Dzaky. 

Gaya berjalan di udara (walking in the air) merupakan salah satu gaya lompat jauh paling fenomenal. Pasalnya, gaya ini sering dipakai oleh beberapa atlet profesional. 

"Kalau menurut saya gaya berjalan di udara lebih sulit dari gaya yang lain, karena cukup banyak gerakan saat di udara. Kalau di lompat jauh gaya yang paling sering dipakai atlet top itu berjalan di udara. Tapi untuk beberapa pemula, lebih baik pakai gaya gantung atau gaya jongkok," ungkap Dzaky. 

Baca Juga: Dzaky Maulana dari SMAN 1 Blitar Kampiun Lompat Jauh National Championship

3. Berlatih Melakukan Take Off

Selain gaya dan teknik dasar, para atlet lompat jauh juga harus melatih diri melakukan take off. Ini merupakan gerakan melompat setelah para atlet melakukan awalan. Saat take off pun atlet biasanya harus melihat garis batas pelanggaran. Apabila saat melompat atlet menyentuh garis tersebut, maka hasil lompatannya dianggap tidak sah. 

"Yang nggak kalah penting itu pada bagian take off atau tumpuan. Temen-temen bisa belajar take off dengan melompati gawang pakai satu kaki," kata Dzaky. 

4. Melakukan Program 

Para peserta juga wajib melakukan program pengembangan fisik. Selain berlatih teknik dan gaya, untuk mendalami lompat jauh juga harus melakukan program pengembangan fisik. "Misalnya speed atau plyometric," terang Dzaky. 

Nah itu beberapa tips yang bisa kamu pelajari biar makin jago di nomor lompat jauh. Tips-tips tersebut bisa dilakukan apabila kamu masih pemula di nomor tersebut dan ingin makin jago di lompat jauh!

  RELATED ARTICLES