Skuad putra SMA Giovanni Kupang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Skuad estafet putra SMA Giovanni Kupang perbanyak jenis latihan jelang National Championship. Skuad beranggotakan Jaustin Gilberto Unbanunaek, Valentino Rossi Loga Raya, Muke N.V. Mella, dan Reynoldus Bay Meo ini melewati berbagai macam persiapan agar tampil maksimal di National Championship.

Tim SMA Giovanni Kupang menempati posisi teratas podium estafet dengan catatan waktu 52,08 detik. Tim estafet putri juga meraih kemenangan yang sama. Tim satu ini mengaku sangat bangga bisa menang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra, sebuah lomba yang dianggap bergengsi di Kupang.

 “Sangat senang tim Giovanni langsung bisa meraih juara pertama dan itu adalah suatu kebanggaan bagi saya sendiri dan tim. Untuk National Championship, kami menambah jenis latihan. Kami yakin bisa membawa kemenangan di Solo nanti,” ungkap Jaustin saat diwawancara.

Sebelum menjadi juara, tim satu ini hanya berfokus pada latihan fisik yang meningkatkan stamina. Mereka menyadari bahwa stamina saja tak akan cukup untuk bersaing di National Championship. “Sekarang kami juga mulai fokus meningkatkan kecepatan, kekompakan, dan teknik menerima tongkat agar tidak jatuh,” lanjutnya.

Skuad estafet ini tak main-main dalam latihan fisik. Mereka rutin latihan dengan berlari di pantai dan juga melakukan sprint di gunung. “Untuk meningkatkan stamina, kekuatan kaki, dan juga kecepatan,” ungkap Jaustin.

Skuad SMA Giovanni Kupang menyadari bahwa persaingan National Championship nanti akan ketat. Namun, mereka tetap percaya diri dan terus bersiap. “Persaingannya ketat, karena setiap daerah banyak atlet hebat, tapi kami tak kalah hebat juga,” pungkas Valentino.

Baca juga: Gelar Juara Relays 4x100 M Putra Jadi Milik SMA Giovanni Kupang

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Jaustin dan tim akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES