Aksi Indi Oktavia dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Indi Oktavia berhasil naik kelas. Student-athlete andalan SMA Negeri 3 Ponorogo menyabet gelar kampiun pada nomor tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers.

Berkaca dari musim perdananya, Indi hanya berhenti di posisi kedua. Bahkan dirinya hanya menorehkan tolakan sejauh 7,41 meter. Dalam satu tahun, dirinya mengalami peningkatan cukup pesat. Indi berhasil menjadi yang terbaik dengan catatan 9,24 meter.

Meski terbilang memuaskan, Indi menyimpan rasa kecewa. Lantaran pencapaiannya yang masih di luar target. “Kemarin aku sempat ikut Porprov, di sana limitku 9,99 meter. Kurang 1 sentimeter lagi bisa dapat 10 meter,” singkatnya.

“Sempat ada rasa kecewa juga sih, karena dari lomba-lomba sebelumnya limitku gak pernah turun. Baru hari ini turun, padahal dari awal sudah ada target 10 meter. Karena lapangannya licin juga, akhirnya lumayan terbagi fokusnya,” sambung Indi.

Baca Juga: Wakil SMAN 3 Ponorogo Sabet Kampiun di Tolak Peluru East Java Qualifiers

Apapun yang terjadi, Indi tetap bersyukur atas predikat yang baru saja diraih. “Sebenarnya ini sudah sesuai sama apa yang diharapkan pelatih sih. Kemarin pelatih bilang kalau aku gak dapat emas, mending tidur aja di pasar bantalan kangkung. Jadi ya saya terima saja tantangannya,” katanya.

Bakal kembali beranjak ke National Championship, Indi akan melakukan berbagai persiapan ekstra. Semata-mata demi tercapainya target dan membalas kekalahan musim lalu. “Kalau target pastinya masih berusaha untuk lebihd dai 10 meter ya,” jawab Indi.

“Selebihnya mau banget pecahkan rekornya Syasabila, kemarin dia bisa 10,54 meter kan. Lumayan lah, kurang 1,5 meter lagi. Bakal berusaha dan lebih intens latihannya. Mungkin sampai gak ada libur, karena aku ingin banget ke luar negeri,” pungkasnya.

Indi Oktavia - SMAN 3 Ponorogo
Potret Indi Oktavia saat hendak melakukan tolakan

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga: 5.277 Pelajar dari 610 Sekolah di Jawa Timur Ikuti SAC Indonesia 2023

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES