Sosok Naomisita Andi di SAC Indonesia 2023

Kisah inspiratif kembali hadir di tengah kemeriahan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, Jumat, 8 Desember 2023. Berhasil merengkuh podium satu untuk kali pertama, Naomisita Andi Pinasti mencurahkan begitu banyak perjuangan di baliknya.

Student-athlete asal SMP Negeri 1 Mojoagung itu punya sapaan akrab Naomi. Dirinya baru mendalami nomor perlombaan tolak peluru sejak lima bulan terakhir. Usai menjajal berbagai macam cabang olahraga lainnya. Seperti voli dan sprint.

Namun, kini Naomi justru jatuh cinta dengan tolak peluru. “Aku aslinya ikut voli, tapi sama bapak disuruh ikut tolak peluru karena mau ada event Kejurda di Kediri bulan Juli kemarin. Latihannya cuma satu bulan, tapi bersyukur bisa masuk 10 besar,” kata Naomi.

“Akhirnya sama bapak disuruh lanjut karena ada event SAC ini. Jadi pelatihku ya bapakku sendiri. Sebenarnya bapak gak ada basic tolak peluru juga, dulu bapak semacam atlet tinju gitu. Karena pernah jadi guru olahraga, jadi paham tekniknya sedikit-sedikit,” imbuhnya.

Baca Juga: Kontingen SMPN 1 Mojoagung Nomor Satu di Tolak Peluru Putri East Java Qualifiers

Lima bulan penuh perjuangan. Konsistensi Naomi berhasil membawanya pada tangga juara di ajang Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Naomi membuktikan bahwa usaha takkan pernah menghianati hasil.

“Berkat doa orang tua juga pastinya, akhirnya bisa maju di nomor perlombaan tolak peluru. Kemarin lima bulan full latihan setiap hari di belakang rumah. Paginya angkat beban 10 kilo, sorenya baru latihan tolak. Bikin petakan sendiri,” jelas Naomi dengan semringah.

“Bahagia banget sih, ini juara pertama juga buat aku. Apalagi di event sebesar ini. Event-nya bagus. Terfasilitasi juga. Tahun lalu belum sempat ikut SAC, semoga tahun depan bisa ikut lagi dan bawa juara lagi,” pungkasnya.

Naomisita Andi - SMPN 1 Mojoagung

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga: 5.277 Pelajar dari 610 Sekolah di Jawa Timur Ikuti SAC Indonesia 2023

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES