Keseruan perlombaan middle distance 80 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Musim kedua Energen Champion SAC Indonesia 2023 menunjukkan tren yang kian menggembirakan. Pada penyelenggaraan Central Java Qualifiers, Jumat, 24 November 2023, tercatat ada 4.168 pelajar dari 392 sekolah yang akan bersaing di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Yang diselenggarakan di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah. 

Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dari total musim lalu, yakni 2.800 pelajar. Yang tersebar dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Peserta SD mencapai 2500 pelajar, sementara peserta SMP berjumlah lebih dari 700 pelajar dan peserta SMA mencapai 900 pelajar. Menurut Rumini, Ketua Pengprov PASI Jawa Tengah (Jateng), peningkatan ini menjadi salah satu hal positif. Khususnya bagi cabang olahraga atletik di Jawa Tengah. 

"Alhamdulillah, ya untuk tahun ini. Sudah mencapai dua kali lipatnya (jumlah peserta). Meskipun Yogyakarta bergabung di sini, saya lihat antusiasmenya dari Semarang sendiri juga luar biasa. Sosiasialisasi SAC tahun ini banyak, meluas dan benar-benar tersebar. Sehingga, anak-anak sudah dari jauh memprediksi," kata Rumini, saat ditemui oleh tim SAC Indonesia, Jumat, 24 November 2023. 

Rumini mengatakan bahwa kompetisi pelajar memiliki tempat tersendiri di hati guru, pelatih dan pemuda di Jawa Tengah. Pasalnya, olahraga atletik memang sangat diminati oleh Jawa Tengah. 

"Sebenarnya kejuaraan-kejuaraan pelajar Jawa Tengah memang aktif. Salah satunya kemarin di Kendal, sehingga ketika ada SAC, mereka melihat puncaknya di sini. Dan sekolah-sekolah merasa bahwa ini tahun terakhir, sehingga antusias dan totalitas. Kebetulan kalau di Jawa Tengah memang atletik itu kompetitif sekali. Mereka disiapkan untuk event-event pelajar yang kami (PASI) selenggarakan," terang Rumini. 

Tak lupa, Rumini juga mengapresiasi dedikasi guru dan pelajar. Terutama bagi mereka yang telah aktif mengikutsertakan anak didiknya untuk bersaing di berbagai kompetisi. 

"Ini berarti ada kerjasama kuat antar sekolah dan guru. Kemudian dari dinas-dinas terkait juga mendorong. Pembina-pembinaan tentunya akan diuntungkan dengan adanya semangat luar biasa ini. Memang kalau mencari penerus di atletik pesertanya harus banyak. Selain itu, antusias juga biasanya ditunjukkan bahwa sekolah mereka itu mampu," tandas Rumini. 

Baca Juga: Begini Cara Nonton Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES