Aksi Khabib Ridwan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Yogyakarta Qualifiers

SMAN 1 Pundong akan kembali berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Melalui Central Java Qualifiers, sekolah asal Yogyakarta tersebut akan mengirimkan sebanyak 11 delegasi. Yang akan bersaing di berbagai nomor lomba. Mulai dari lompat jauh, relays 4x100 meter putra hingga relays 4x100 meter putri. 

Menurut salah satu wakil SMAN 1 Pundong di Central Java Qualifiers, Khabib Ridwan, ada semangat luar biasa dari sekolahnya untuk kembali bersaing di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. "Khususnya, saya pribadi ingin mencoba lagi mengikuti SAC untuk antarluar daerah," terang Khabib, saat dihubungi SAC Indonesia Senin, 20 November 2023. 

Khabib berharap, sekolahnya bisa kembali berjaya. Seperti pada penyelenggaraan Yogyakarta Qualifiers 2022, SMAN 1 Pundong kawin gelar di nomor relays 4x100 meter putra dan putri. Termasuk Khabib sendiri. Yang sukses menyabet podium pertama di gelaran musim perdana untuk lompat jauh putra. "Walaupun sekarang tempatnya jauh di Semarang, kami tetap semangat," lanjut Khabib. 

Khabib mengatakan bahwa dirinya juga berharap dapat kembali menampilkan yang terbaik dalam penyelenggaraan musim baru ini. Apalagi, dirinya menjadi delegasi Yogyakarta Qualifiers yang sebelumnya bersaing di tingkat nasional. "Cama ini kemarin habis cidera engkel yang buat numpu, jadi semoga aja bisa tampil maksimal," terang Khabib. 

Untuk menghadapi Central Java Qualifiers 2023, Khabib juga berlatih degan rutin. Tak terkecuali tim estafet SMAN 1 Pundong. "Kalau sore-sore begitu latihan juga biasanya penguatan kaki. Kemudian ada juga program lain," kata Khabib. 

Baca Juga: Akankah Rekor Kembali Pecah di Central Java Qualifiers?

Khabib menyebut bahwa persaingan Central Java Qualifiers tentunya akan lebih ketat dibandingkan musim sebelumnya. Pasalnya, qualifiers ini menyumbang banyak rekor. Pun penyelenggaraannya digabungkan dengan Yogyakarta Qualifiers. "Harapannya untuk SMAN 1 Pundong semoga masuk final dan mendapatkan yang terbaik," tandasnya. 

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES