Yad Hapizudin saat bersaing dalam Athletics West Track adn Field State Championship di Perth, Australia, Maret 2023

Yad Hapizudin, juara Energen Champion SAC National Championship dari MA Al Ijtihad Danger, Lombok Timur, bakal bersaing di SEA Youth Athletics Championships 2023. Salah satu kejuaraan junior atletik paling bergengsi di ASEAN. Yang akan diselenggarakan di Thailand. Tepatnya pada 7-9 Desember 2023. 

Yad terpilih sebagai delegasi Indonesia di SEA Youth Atheltics Championships 2023 setelah mengikuti POPNAS. "Saat itu saya bersaing di 1.500 meter. Dan waktunya yang paling atas. Jadi Alhamdulillah bisa bersaing di SEA Youth Athletics," terang Yad. 

Yad juga rajin meng-update kesehariannya untuk mempersiapkan diri bersaing di SEA Youth Atheltics Championships 2023. Ia rutin latihan beban dan mempercepat tempo berlarinya. "Tanggal 26 kami training camp ke Jakarta. Lalu kemudian kami berangkat ke Jakarta pada tanggal 5 Desember," lanjutnya. 

Yad merupakan juara SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers di nomor 1.000 meter putra. Ia kemudian menjadi wakil NTB di babak Energen Champion SAC National Championship. Yang diselenggarakan di Stadion Madya, GBK, Jakarta pada Januari 2023 lalu. Yad kemudian memegang rekor 1.000 meter putra dalam event tersebut dengan catatan 2 menit 36,53 detik. 

Baca Juga: Tiru Jejak Yad Hapizudin, Juara di National Championship

Setelah menjuarai National Championship, Yad mendapatkan reward untuk training camp ke Perth, Australia. Di sana, ia juga mengikuti perlombaan bernama Athletics West Track and Field State Championship. Sayangnya, Yad tidak bisa kembali bersaing di SAC Indonesia karena telah meraih juara di tingkat nasional. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES