Calista Esther Emily menembus gais finis sebagai yang terpedan di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Calista Esther Emily pecah rekor. Amankan juara. Pun berangkat ke National Championship. Hal tersebut Calista raih usai menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Minggu, 5 November 2023. Siswi SMA IGN Slamet Riyadi Jakarta itu mencatatkan waktu 12,84 detik. Tercepat di antara tujuh finalis lainnya. 

Sehari sebelum mengamankan juara 100 meter putri, Calista pecah rekor di babak penyisihan. Dengan catatan yang lebih tajam. Yakni 12,74 detik. Meskipun begitu, Calista tetap bersyukur dapat kembali mencoba panggung National Championship. Yang rencananya akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. 

Sementara itu, di posisi kedua ada Ilola Dihana Cahyadi dari SMAN 3 Rangkas Bitung dengan perolehan 13,30 detik. Sedangkan di posisi ketiga ada Alviora Aurel Cicilia Balllah dari SMA Sophos Indonesia Tangsel ndengan mengantongi catatan waktu 13,78 detik. 

Hasil Final 100 Meter Putri:

1. Calista Esther Emily (SMA IGN Slamet Riyadi Jakarta) - 12,84 detik

2. Dihana Cahyadi (SMAN 3 Rangkas Bitung) - 13,30 detik

3. Alviora Aurel Cicilia Ballah (SMA Sophos Indonesia Tangsel) - 13,78 detik

Baca Juga: National Championship Telah Menanti 48 Juara Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers diikuti oleh 4.520 peserta dari 360 sekolah di DKI Jakarta dan Banten. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 3-5 November 2023.

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES