Sosok Calista Esther Emily saat melakoni laga penyisihan di nomor 100 meter putri SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Sabtu, 4 November 2023

Luar biasa. Calista Esther Emily baru saja mencetak sejarah. Siswi SMA IGN Slamet Riyadi tersebut memecahkan rekor di nomor 100 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Sabtu, 4 November 2023. Calista mencatatkan waktu mengesankan dengan perolehan 12,74 detik. 

Calista berhasil menggeser Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang, yang memegang rekor SAC sebelumnya dengan catatan 12,92 detik. Dihanis memperoleh waktu tersebut saat penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers. "Nggak nyangka bisa dapat PB hari ini. Karena awalnya mikir dapatnya 13 kecil," terang Calista. 

Melihat riwayat perjalanannya, tak diragukan lagi Calista memegang rekor SAC itu. Sebelumnya, ia meraih juara di nomor yang sama dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. "Tahun lalu, kan juara di Jakarta Banten. Terus ke nasional, nah di sana aku urutan kelima. Sedangkan Dihanis waktu itu yang juara," lanjutnya. 

Meskipun telah pecah rekor, Calista mengaku masih tak tenang. Karena final masih menantinya besok. Ia berharap, di babak final dapat tampil dengan performa yang lebih baik lagi. Agar dapat memperbaiki catatan waktunya. "Asli nih nanti malam nggak bakal bisa tidur. Tapi semoga bisa mendapatkan yang terbaik," terangnya. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers diikuti oleh 4.520 peserta dari 360 sekolah di DKI Jakarta dan Banten. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 3-5 November 2023.

Baca Juga: 4.520 Pelajar dari Jakarta dan Banten Bersaing di SAC Indonesia 2023!

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES