Theo Widodo (dua dari kiri barisan belakang) saat berfoto bersama atlet atletik NTT yang akan berlaga di Kejurnas Atletik, di Stadion Oepoi Kupang, Minggu, 22 Oktober 2023

Ketua Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Nusa Tenggara Timur (NTT), Theo Widodo, mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Pasalnya, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu untuk pertama kalinya singgah di Kupang, NTT. 

"Sebagai ketua Pengprov PASI NTT saya menyampaikan apresiasi yang tinggi skali kepada DBL Indonesia dan Energen yang bersedia diselenggarakan event ini di kota Kupang. Dengan event ini kita akan mendapatkan calon atlet potensial di cabang olahraga atletik yang bisa kami bina selanjutnya," ungkap Theo. 

Bagi juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers yang memiliki potensi tentunya mendapat kesempatan untuk bisa masuk dalam bimbingan PASI NTT. "Itu sudah pasti, karena sudah tanggung jawab kami," lanjut Theo. 

Theo juga menyebut bahwa penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers bisa menjadi terobosan bagi banyak sekolah untuk ikut mengembangkan olahraga atletik. Sehingga, kompetisi pelajar memiliki sistem berjenjang yang lebih menyeluruh. "Sehingga nanti bukan hanya tingkat SMA saja yang melaju ke level nasional. Melainkan juga tingkat SD dan SMP," tutur Theo. 

Baca Juga: Ketua MGMP PJOK SMA Kota Kupang Apresiasi Penyelenggaraan SAC Indonesia 2023

Penyelenggaraan SAC Indonesia di Bali Nusra Qualifiers merupakan kedua kalinya. Musim lalu Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Theo berharap Kupang akan selalu menjadi tuan rumah bagi kompetisi SAC Indonesia. "Salut kepada semua pihak yang serius menyelenggaraan event SAC Indonesia," terang Theo. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan digelar di Stadion Oepoi, Kupang, NTT. Yang akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023. Nantinya, kompetisi ini tak hanya diikuti oleh tingkat pendidikan di wilayah NTT saja. Melainkan juga Bali dan Nusa Tenggara Barat. 

Baca Juga: Kadispora NTT Apresiasi SAC, Siap Ikut Memoles Bibit Atletik yang Berprestasi

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES