Cabang olahraga atletik tak hanya terdiri dari nomor perlombaan untuk orang dewasa. Melainkan juga anak-anak. Namanya adalah Kids' Athletics. Sama seperti nomor perlombaan untuk orang dewasa, Kids' Athletics juga terdiri dari beberapa permainan. Mulai dari Turbo Throw, Formula One hingga Kangas' Escape. 

Secara umum, permainan-permainan tersebut diadaptasi dari gerak atletik dalam nomor perlombaan untuk orang dewasa. Mulai dari lari, lompat hingga lempar. Hanya saja dengan intensitas rendah dan tak melelahkan untuk anak-anak. Tak heran jika jenis Kids' Athletics seperti Formula One dan Kanga's Escape sering digunakan dalam perlombaan sekolah. 

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Kanga’s Escape dan Formula One

Untuk kamu yang ingin menciptakan permainan Formula One dan Kanga's Escape berikut beberapa peralatan yang kamu butuhkan: 

1. Formula One

Formula One juga adalah jenis Kids' Athletics yang merupakan modifikasi dari beberapa nomor cabang olahraga atletik. Antara lain, rolling, sprint (lari jarak pendek), hurdles (lari gawang), dan slalom course (lari berkelok-kelok). Formula One pada umumnya dimainkan secara berkelompok. Menggunakan start berdiri dengan lintasan berbentuk oval atau melingkar.

Nantinya, setiap kelompok akan diberikan ring atau gelang. Nah, peserta dalam kelompok harus membawa gelang tersebut sambil berlari dan melintasi rintangan. Peserta pertama wajib memberikan gelang kepada peserta lain di kelompoknya setelah sampai di titik start. Kemudian, peserta kedua harus melanjutkan hal yang sama sampai semua peserta habis.

Untuk memainkan perlombaan Kids' Athletics Formula One, berikut adalah beberapa peralatan yang kamu butuhkan:

-Matras: Matras berfungsi sebagai tempat rolling tepat setelah start dilakukan. 

-Ring: Ring atau gelang merupakan penanda setiap pemain dalam sebuah kelompok. Ring ini diberikan secara estafet dari satu pemain ke pemain yang lain. 

-Gawang: Gawang merupakan salah satu rintangan wajib yang ada di Formula One. Gawang ini berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan yang tidak keras. Misalnya plastik. 

-Tiang bendera: Tiang bendera merupakan salah satu peralatan paling penting di Formula One. Tiang ini bisa diganti dengan apa saja benda yang serupa. Tujuan penempatan tiang bendera ini adalah sebagai pembatas untuk slalom course. 

2. Kanga's Escape

Aktivitas di dalamnya adalah lari bolak-balik yang terdiri dari kombinasi hurdles (lari gawang) dan sprint (lari jarak pendek). Biasanya, Kanga’s Escape diperkenalkan dalam materi Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar (SD).

Untuk memainkan perlombaan Kids' Athletics Kanga's Escape, berikut adalah beberapa peralatan yang kamu butuhkan:

-Gawang: Gawang merupakan salah satu rintangan wajib yang ada di Kids' Athletics. Gawang ini berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan yang tidak keras. Misalnya plastik. 

-Ring: Ring atau gelang merupakan penanda setiap pemain dalam sebuah kelompok. Ring ini diberikan secara estafet dari satu pemain ke pemain yang lain. (*)

  RELATED ARTICLES