Azziyati Dina Amalina saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship di Perth, Western Australia

Atletik menjadi salah satu olahraga populer di dunia karena cabang ini punya banyak nomor yang diperlombakan. Banyaknya nomor atletik itu juga yang membuat cabor ini selalu menjadi pusat perhatian di ajang multi event olahraga seperti Olimpiade.

Selama ini atletik dikenal sebagai olahraga yang mengandung banyak gerak dasar manusia. Sehingga, ada beberapa nomor atletik yang kemudian memiliki penggemar terbanyak. Hingga akhirnya menjadi populer di dunia.

Berikut adalah deretan nomor atletik terpopuler di dunia:

1. Sprint 100 Meter

Olahraga sprint 100 meter merupakan nomor atletik paling digemari di dunia. Persaingan dalam nomor ini juga begitu ketat. Alasan kenapa sprint 100 meter menjadi olahraga paling populer sebenarnya cukup sederhana. Pasalnya, manusia hanya perlu menjadi yang tercepat agar dapat memenangkan dan unggul dalam kompetisi ini. Dan semua orang bisa melakukannya. 

Baca Juga: Lari Jarak Pendek: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Manfaat

Apalagi, jika seseorang dapat memecahkan waktu dan rekor sprint 100 meter, mereka akan diberi label sebagai yang terhebat di dunia. 

Alasan lain kenapa sprint 100 meter menjadi yang paling populer dalam cabor atletik adalah karena olahraga ini merypakan warisan Olimpiade dan Yunani Kuno. Selain itu, sprint 100 meter digelaran Olimpiade selalu berhasil menarik jutaan penonton. 

2. Lari Maraton

Jika perlombaan 100 meter fokus pada kecepatan, perlombaan lainnya juga memperhitungkan jarak dan daya tahan. Maraton adalah perlombaan sejauh 42,195 kilometer yang memiliki sejarah untuk menghormati prajurit Yunani Pheidippides.

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

Lari maraton adalah perlombaan sangat populer sehingga ada lebih dari 800 event atau kompetisi di seluruh dunia. Banyak atlet Cabor lain dan beberapa tokoh dunia yang populer, yang sangat menyukai dan bangga dengan Boston Marathon dan New York City Marathon.

3. Lompat Jauh

Lompat jauh adalah salah satu nomor atletik tertua di dunia. Dalam versi modern, para atlet berlari cepat untuk jarak pendek dan kemudian melompat ke daerah berpasir sejauh yang mereka bisa. Agar skor dihitung, atlet harus mendarat dengan kedua kaki.

Yang cukup menarik, pada zaman dahulu, orang akan memegang beban kecil di tangan mereka yang akan membantu mereka melompat lebih jauh. Ada disiplin ilmu lain yang serupa dengan ini, seperti lompat jangkit dan lompat jauh berdiri.

Baca Juga: Mengenal Lompat Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Gaya

Hingga saat ini, lompat jauh adalah salah satu kompetisi paling populer di dunia. Olahraga ini diperlombakan dalam bberapa kompetisi tingkat dunia seperti Olimpiade hingga World Athletics Championships.

4. Tolak Peluru

Tolak peluru adalah nomor yang meminta atlet untuk melempar bola berat dengan satu tangan menggunakan cara meluncur atau berputar. Di nomor ini, setiap atlet harus berdiri melingkar sambil melakukan lemparan dan mendapatkan jarak terbaik untuk menang. Banyak peradaban kuno, termasuk Yunani, telah memiliki perlombaan ini. Tolak peluru sangat populer di Skotlandia dan negara-negara wilayah Balkan. 

Baca Juga: Tolak Peluru: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

5. Estafet

Estafet merupakan salah satu nomor paling populer di cabang olahraga atletik. Estafet populer karena biasanya perlombaan ini diikuti oleh regu yang terdiri dari atlet-atlet nomor indvidu. Sehingga, akan ada prestise tersendiri ketika setiap regu memenangkan kompetisi estafet. (*)

Baca Juga: Mengenal Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

  RELATED ARTICLES