Lompat galah merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik yang selalu mencuri perhatian. Cara kerjanya adalah atlet harus melompat setinggi mungkin dengan menggunakan bantuan tongkat galah. Untuk mengetahui berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam lompat galah, berikut SAC Indonesia jelaskan: 

1. Landasan Pacu

Landasan pacu yang digunakan dalam olahraga ini adalah lintasan lurus sepanjang 40 - 45 meter yang terbuat dari poliuretan segala cuaca dan menjadi tempat kotak lompat galah atau jalur luncur ketika atlet berlari. Landasan pacu ini juga terdiri dari palang yang terletak di ujungnya.

2. Pole Vault Box/Slide Way

Kotak lompat galah biasanya terbuat dari baja tahan karat dan berbentuk trapesium. Kotak ini terdiri dari panjang satu meter dan diperdalam hingga dua puluh sentimeter, menyempit hingga lima belas sentimeter. 

Baca Juga: 7 Pemegang Rekor Lompat Galah Tertinggi dalam Sejarah

3. Cross Bar (Palang)

Palang terbuat dari bahan ringan seperti plastik atau aluminium yang sangat kuat dengan panjang kurang lebih 4 meter. Palang juga bertumpu pada dua tiang panjang dengan ketinggian yang dapat disesuaikan. Pasak, yang ditempatkan di bagian dalam menopang tiang tegak dan memungkinkan palang dinaikkan dan diturunkan sesuai dengan jalannya kompetisi.

Baca Juga: Lompat Galah: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturan

4. Tempat Pendaratan

Ukuran keseluruhan area pendaratan lompat galah harus minimal lebar 6,03 meter dan biasanya memiliki dalam 6,15 meter terbuat dari lapisan karet busa yang dilapisi plastik di atasnya. Atlet mendarat di tempat ini setelah melompati palang.

5. Tiang

Ini adalah tiang panjang dan fleksibel yang biasanya terbuat dari serat karbon atau fiberglass. Tiang yang digunakan dalam lompat galah bisa memiliki panjang atau diameter berapa pun tergantung pada preferensi atlet. (*)

  RELATED ARTICLES