Skuad atletik SMPN 97 Jakarta berfoto bersama dengan Kepala SMPN 97 Jakarta Ari Sadwiantoro, S.Pd (tengah)

SMPN 97 Jakarta akan debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut siap bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia bersama dengan 15 pelajar. Yang nantinya akan turun di berbagai nomor lomba. Mulai dari lompat jauh, tolak peluru, lari jarak pendek, estafet hingga 800 meter. 

Menurut Pandi Jonatan, guru PJOK dari SMPN 97 Jakarta, keikutsertaan SMPN 97 Jakarta dalam SAC Indonesia dalam misi besar. Yakni memperkenalkan denganbahwa olahraga merupakan cara seru untuk menghabiskan waktu luang. "Dibandingkan dengan nongkrong. Dan juga ini ingin mencoba event yang lebih bergengsi," ungkap Pandi. 

Atas dukungan Kepala SMPN 97 Jakarta, Ari Sadwiantoro, S.Pd, sekolah tersebut memiliki ekstrakurikuler atletik. Yang pesertanya aktif mengikuti berbagai kejuaraan. Termasuk kejuaraan bulanan di Jakarta. "Jadi untuk SAC Indonesia ini memang kita mengikutsertakan peserta dari ekstrakurikuler. Anak-anak yang berpotensi kami kirim ke khusus coach," lanjut Pandi. 

SMPN 97 Jakarta menargetkan beberapa nomor. Misalnya, estafet putra, tolak peluru dan putri. Untuk itu, mereka konsisten menargetkan beberapa nomor lomba. "Untuk program latihan khusus sudah pasti ada. Karena anak-anak selain latihan di sekolah mereka juga ada latihan tambahan dengan pelatih khusus di nomornya masing-masing," terang Pandi. 

Ada beberapa cerita lucu yang mengiringi persiapan mereka untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Apalagi, sekolah tersebut mengirimkan peserta pemula untuk SAC Indonesia 2023. Misalnya, terkait penggunaan sepatu khusus lari. "Karena biasanya kita masih pinjam-pinjam sepatu saat lomba," kata Pandi. 

Baca Juga: Deretan Sekolah Juara yang Bakal Kembali di Jakarta Banten Qualifiers 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan di GOR Rawamangun, Jakarta. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 3-5 November. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan kabar dari Energen Champion SAC Indonesia, kamu bisa klik link ini. Terus update semua informasi terkait kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia dan jangan lupa share berita favoritmu!

  RELATED ARTICLES