Skuad estafet 4x100 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

SMAN 1 Lembang full senyum. Dalam babak final estafet 4x100 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, sekolah tersebut berhasil menghuni posisi 3rd Place. Mengingat posisi podium pertama, kedua dan ketiga melaju ke babak National Championship, SMAN 1 Lembang termasuk dalam jajaran kontingen West Java di babak puncak. 

Digawangi oleh Tania Aulia Putri, Amelia Indira Maharani, Berlyan Restu Tirana dan Key Larasati Pintenate, skuad estafet sekolah tersebut sukses mencatatkan waktu 1 menit 1,59 detik. 

Menurut skuad salah satu skuad SMAN 1 Lembang, Tania Aulia Putri, sekolah tersebut tak menyangka akan melaju ke babak National Championship. Apalagi, sekolahnya meraih posisi ketiga. "Sampai selesai lomba, kami nggak tahu kalau 3rd Place juga maju ke babak Natioanl Championship. Terus sampai dikasih selamat sewaktu naik podium," kata Tania.

Tak lupa, SMAN 1 Lembang berterima kasih pada SAC Indonesia. Karena tahun ini telah memberikan kesempatan yang lebih banyak untuk pemegang gelar 3rd Place. Sehingga bisa melanjutkan ke babak puncak. "Dengan ini, juara ketiga bisa merasakan bagaimana bersaing di babak nasional," lanjut Tania. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Untuk menghadapi National Championship, SMAN 1 Lembang siap memantapkan latihan lebih awal. Bahkan telah menjadwalkan untuk pemograman sejak Oktober. Pasalnya, Tania dan tim menargetkan posisi juara. "Tentunya kami optimistis dapat mendapatkan yang terbaik," tutur Tania. 

Tim estafet SMAN 1 Lembang baru terbentuk beberapa bulan sebelum Energen Champio SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diselenggarakan. Tim tersebut terdiri dari murid baru. Semuanya berasal dari kelas X. Guru PJOK sekolah tersebut, Ramdhan, membentuk kuartet tersebut setelah mengetahui bahwa mereka sering melakukan lomba atletik bersama. 

"Kami sebenarnya itu lawan perlombaan atletik sejak SD. Nggak menyangka juga kalau kami akan disatukan dalam satu tim membela SMAN 1 Lembang. Kami bahkan latihan sprint berempat itu baru H-3 sebelum event digelar. Singkat sekali persiapannya, tapi Alhamdulillah bisa juara," terang Tania. 

Baca Juga: West Java Qualifiers 2023 Tuntas, 48 Pelajar Siap ke National Championship

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES