Dewi Khairun Nisa saat berjuang di babak Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Dewi Khairun Nisa berhasil tampil total. Dalam babak final lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, siswi SMAN 1 Ciamis itu berhasil menyabet gelar 2nd Place. Dengan catatan lompatan sejauh 4,35 meter. Membuatnya menjadi salah satu kontingen West Java Qualifiers yang akan melaju ke babak National Championship.

Dewi bukanlah seorang debutan di Energen Champion SAC Indonesia. Tahun lalu, ia juga turun di nomor lompat jauh putri. Namun Dewi belum berkesempatan untuk naik podium. Selama hampir setahun terakhir, Dewi melakukan banyak evaluasi. Mulai dari teknik sampai perkuat fisik ia lakukan. "Bersyukur di tahun sekarang bisa memegang gelar 2nd Place," kata Dewi. 

Untuk menghadapi National Championship, Dewi tentunya akan menekuni program khusus yang diberikan oleh sang pelatih. Ia menargetkan podium pertama. Demi membanggakan almamater dan daerah. "Tapi mau fokus dulu sama diri sendiri. Terutama soal latihannya. Yang terpenting juga besok bisa melebihi lompatan yang di West Java Qualifiers pasti udah seneng," lanjut Dewi. 

Dewi sebenarnya tak menyangka bisa meraih podium pertama. Pasalnya, ia merasa persaingan tahun ini cukup berat. Pesertanya pun lebih banyak. Sehingga perlu ada strategi khusus agar dirinya bisa masuk dalam jajaran kontingen National Championship. "Belum lagi harus bagi waktu untuk belajar dan latihan. Karena sekarang sudah kelas 12," terang Dewi. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES