Rashylla Ananova L. (tengah) saat melakukan upacara penghormatan pemenang dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Rashylla Ananova L. begitu senang. Siswi SMAN 2 Bekasi itu mengunci kemenangan di lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Rashylla berhasil menghuni podium pertama dengan catatan jarak lompatan sejauh 4,41 meter. Rupanya, bukan hanya juara dan catatan bagus saja, yang membuat Rashylla senang. 

"Rasa senangku bertambah pas tahu medalinya bagus banget. Terus ini kompetisi besar di mana aku bisa kenalan dengan lawan-lawanku. Jadi nambah temen dan belajar banyak hal di SAC Indonesia kemarin ini," ungkap Rashylla. 

Di SAC Indonesia, Rashylla merupakan debutan. Ia tak menyangka bisa meraih podium pertama. Bahkan ia sendiri mengaku baru 1,5 tahun mendalami lompat jauh. "Sebenarnya aku menggemari olahraga voli. Dulu itu belajar atletik karena buat latihan fisik aja. Lalu berkembang dan dikasih progress jadi di atletik nggak hanya latihan fisik, tapi beneran latihan atletik," kata Rashylla. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Sayang, Rashylla harus meninggalkan salah satu cabor yang digemarinya. Karena masalah manajemen waktu dan kemampuan tubuhnya. Belum lagi ia harus fokus pada pelajaran akademik di sekolah. "Karena kecapekan, orang tua aku minta aku buat milih aja. Aku pilih atletik. Cerita buat sampai di lompat jauh itu panjang banget memang," kelakar Rashylla. 

Nantinya, Rashylla akan bersaing di babak National Championship mewakili sekolah dan regional qualifiers West Java. Ia tak sendirian, Rashylla akan berjuang bersama dengan Dewi Khairun Nisa (pemegang gelar 2nd place dari SMAN 1 Ciamis) dan Nadila Putri Suryana (pemegang gelar 3rd place dari SMAN 1 Beber). 

Baca Juga: West Java Qualifiers 2023 Tuntas, 48 Pelajar Siap ke National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES