Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers tuntas digelar, Minggu, 24 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu diikuti oleh berbagai sekolah dari penjuru Jawa Barat. Mulai dari Kuningan, Cirebon, Sukabumi dan Tasikmalaya turut memeriahkan. Tak terkecuali SMPN 3 Bogor. 

SMPN 3 Bogor sukses memperkuat namanya di West Java Qualifiers. Sekolah tersebut kawin gelar di nomor middle distance 800 meter. Yang diraih oleh Ahmad Ales Zhakaria dan Quanesha Elsye Maria Tamaela. Masing-masing mencatatkan perolehan yang mengagumkan. Yang masing-masing tercatat 2 menit 13,80 detik dan 2 menit 50,56 detik. 

Menurut Erwan, ini merupakan prestasi yang mengesankan. Apalagi, SMPN 3 Bogor baru saja debut di Energen Champion SAC Indonesia 2023. Dan langsung kawin gelar di nomor tersebut. "Ini Berkat keseriusan anak-anak juga. Karena mereka rajin latihan setiap hari. Kemudian juga mau latihan dengan Keras," katanya. 

Erwan berharap SAC Indonesia lebih berkembang lagi. Khususnya dalam memberangkatkan delegasi jenjang SMP di National Championship. Yang sampai saat ini masih diperuntukkan bagi juara tingkat SMA. "Karena anak-anak SMP itu juga sudah bisa bersaing dengan sesamanya. Bahkan juga bisa bersaing dengan senior-senior," ungkap Erwan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Baca Juga: West Java Qualifiers 2023 Tuntas, 48 Pelajar Siap ke National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES