Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers siap diselenggarakan. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan kembali ke Bandung, Jawa Barat. Stadion Arcamanik akan kembali menjadi saksi perebutan titel juara dari para pelajar di seluruh Jawa Barat. Siapa saja yang akan bersaing tahun ini?

1. SMAN 1 Surade, Sukabumi

SMAN 1 Surade akan kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan delegasi di nomor lompat jauh dan lari jarak menengah. Yang akan diwakili oleh Abdul Ajis dan Ihsan Auriandry Pradana Saputra. Tentunya, SMAN 1 Surade siap mempertahankan gelarnya sebagai salah satu sekolah terkuat dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia.

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, SMAN 1 Surade begitu mentereng. Wakilnya, Yogi Saputra, berhasil menjuarai nomor 100 meter putra di tingkat nasional. 

2. SMAN 7 Cirebon

SMAN 7 Cirebon akan kembali ke panggung kompetisi Energen Champion SAC Indonesia. Setelah mengakuisisi titel juara tolak peluru putra di tingkat nasional, sekolah tersebut siap mengirimkan pasukan lebih banyak pada penyelenggaraan tahun ini. SMAN 7 Cirebon akan bersaing dalam perlombaan nomor lintasan. Di antaranya, lari jarak menengah 1.000 meter, lari 100 meter hingga lompat jauh. 

Pada penyelenggaraan musim lalu, wakil SMAN 7 Cirebon berhasil meraih juara dalam Energen Champion SAC National Championship. Dan memegang rekor tolak peluru SAC 2022, dengan Catatan lemparan 14,66 meter. 

3. SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung

SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung akan mengirimkan 78 pelajar, yang tergabung dalam 14 tim untuk bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Mereka akan bersaing di main event dan supporting events. Kembalinya SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung dalam persaingan SAC Indonesia didukung oleh gelar juara yang sempat diraih oleh mereka. Khususnya di nomor Kanga's Escape. 

4. SMAN 27 Bandung

SMAN 27 Bandung akan kembali berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan lebih dari 30 orang. Dengan beberapa Tim yang dikrimkan. Tahun lalu, SMAN 27 Bandung berhasil meraih juara di nomor estafet 4x100 meter putri. Masih harus dilihat apakah SMAN 27 Bandung akan bersaing lagi tahun ini. 

5. SMAN 1 Lembang, Bandung Barat

SMAN 1 Lembang, Bandung Barat akan kembali berlomba di Energen Champion SAC Indonesia West Java Qualifiers. Setelah mendominasi nomor tolak peluru putri di SAC Indonesia, sekolah tersebut siap untuk kembali bersaing. Tahun ini, SMAN 1 Lembang mengirimkan banyak delegasi di nomor lomba. Mulai dari lompat jauh, tolak peluru, lari jarak menengah hingga estafet. 

Baca Juga: Setelah Daftar West Java Qualifiers, Ini Beberapa Hal yang Kamu Harus Lakukan!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*

 

  RELATED ARTICLES