David Luther Lubis, saat hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, pada Jumat, 1 September 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers musim kedua start Jumat, 1 September 2023, pagi. Meskipun sudah memasuki akhir pekan, ribuan siswa tetap semangat memadati Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk mengejar titel juara. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini dibuka oleh Ketua Pengprov PASI Sumatra Utara David Luther Lubis. 

David mengatakan bahwa kerinduan akan SAC Indonesia dari seluruh pelajar dan sekolah di Sumatra Utara akhirnya terbayar lunas. Apalagi, tahun ini, pelajar-pelajar dari Sumut bersaing dengan wakil dari provinsi lainnya. Mengingat cakupan Sumatera Qualifiers yang diperluas. 

"Saya tentunya bangga, Sumut bisa menjadi tuan rumah. Apalagi, ada wakil dari provinsi lain juga  yang dapat meningkatkan sportivitas dan rasa kompetitif antar pelajar ini," kata David. 

Ini merupakan kali kedua David meresmikan opening Energen Champion SAC Indonesia di Sumatra Utara. Selain rindu David juga mengaku terharu melihat antusiasme ribuan peserta. Ia mengatakan bahwa dukungan dari banyak pihak lah yang menjadi salah satu faktor penting kesuksesan terselenggaranya acara. 

Baca Juga: Rekor Peserta Terbanyak! Sumatera Qualifiers Diikuti 6.023 Pelajar

"Saya melihat antusias insan atletik yang luar biasa. Dukungan sponsor dari Energen Champion juga membuat kompetisi semakin hidup," lanjut David. 

David berharap semakin banyak wakil Sumatra Utara yang bisa menjadi juara di Energen Champion SAC Indonesia National Championship. Tahun lalu ada Firli Sahputra dari SMKN 2 Medan, yang berangkat training camp ke Australia. Ia ingin jumlah tersebut bertambah. 

Sementara itu, karena kehadiran David di Stadion Unimed, ada tambahan dorongan bagi peserta untuk mengejar prestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Salah satunya terlihat di SMKN 10 Medan. Dalam debutnya di SAC Indonesia kali ini, sekolah tersebut mendelegasikan 32 orang. 

 Penyisihan 80 meter dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Jumat, 1 September 2023

Guru PJOK dari SMKN 10 Medan, Rini Indriani, mengaku kagum dengan gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, kompetisi ini diperuntukkan bagi pelajar non atlet. Menurut Rini, ini menjadi konsep kompetisi yang apik karena memberikan kesempatan bagi pelajar yang tidak memiliki jangkauan untuk masuk dalam dunia atletik. 

"Ini memberi kesempatan bagi siswa anak muda yang tidak tergabung dalam pembinaan resmi, yang tidak pernah ikut PON, dilirik, siapa tahu mereka memang berpotensi di sana," ungkap Rini. 

Sebagai mantan atlet sprint 100 meter Sumatra Utara, Rini menyebut bahwa banyak sekolah di daerah yang siswanya menyimpan bakat terpendam. Sehingga, dengan Energen Champion SAC Indonesia, bakat itu bisa muncul.

"Memang harus seperti ini. Saya sendiri juga mengajak anak-anak yang memang baru. Kita tinggal memolesnya saja, misalnya mengajari bagaimana melakukan ayunan tangan yang benar, memakai start block," lanjut Rini. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Rudi Syah Putra. Guru PJOK dari SMPN 3 Tanjung Beringin Serdang Bedagai. Rudi mengatakan bahwa Energen Champion SAC Indonesia 2023 dapat membuat anak-anak cinta kepada atletik. 

Baca Juga: Begini Cara Menonton SAC Indonesia Sumatera Qualifiers 2023

"Kemudian anak-anak yang sudah cinta itu tentunya akan melanjutkan bakatnya di dunia atletik. Kompetisi seperti ini juga dapat membantu saya untuk menemukan atlet-atlet di daerah," kata Rudi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PASI Serdang Bedagai. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

  RELATED ARTICLES