Dafa Akbar, usai berlatih di Lapangan Thor, Surabaya pada Senin, 28 Agustus 2023

SMA Sejahtera 1 Surabaya punya jagoan baru. Yang akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Setelah Sulaifan Fathkurizqi Al Rasyid menyabet posisi runner up 100 meter putra pada National Championship, kini giliran Dafa Akbar Setiawan siap mengharumkan nama sekolahnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers akan menjadi kali kedua bagi Dafa berkompetisi. Pada penyelenggaraan musim pertama, Dafa juga ikut serta. Hanya saja belum ada kesempatan untuk bertarung di partai final. Berbekal banyak evaluasi, ia akan kembali bersaing tahun ini. "Harapannya bisa tampil maksimal," ungkap Dafa. 

Menurut Dafa, Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling menantang yang pernah ia ikuti. Dengan ribuan pelajar ikut serta. Juga atmosfer penonton yang gegap gempita. Membuat Dafa ketagihan. 

"Rasanya kalau pulang dari SAC Indonesia itu bisa bawa pulang banyak pengalaman. Tahun lalu yang rasakan begitu. Semoga pengalaman tahun ini bertambah," lanjut Dafa. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia, Dafa berlatih daya ledak dan kecepatan. Tak lupa, ia sesekali mencoba berlari di tempat latihan umum. Untuk memperkuat mentalnya. Dafa bisa ditemui setiap Senin, Sabtu dan Minggu sore di Lapangan Thor, Surabaya. "Kalau ada kesempatan lebih banyak bisa latihan lebih dari tiga kali," tuturnya.

Dafa memang menargetkan juara. Apalagi melihat Sulaifan menembus babak National Championship, motivasinya semakin besar. 

Baca Juga: Selesai di SAC, Sulaifan Fathkurizqi Targetkan Tampil di PON 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES