Sosok Vitri Elisa Sihotang, salah satu wakil SMAN 1 Pegagan Hilir di SAC Indonesia 2023

Kontingen SMAN 1 Pegagan Hilir siap bertolak ke Medan, Sumatera Utara, pada 1 September 2023. Mereka adalah Kiel Putra Padang, Vitri Elisa Sihotang, Ruminta Naibaho dan Farel Rosandi Sagala. Keempat siswa tersebut siap membela SMAN 1 Pegagan Hilir di nomor lomba lari jarak menengah 1.000 meter dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers.

Menurut guru PJOK sekolah tersebut, Virgo Sitanggang, SMAN 1 Pegagan Hilir optimistis dapat meraih juara dan menembus babak Energen Champion SAC National Championship. Pasalnya, jajaran wakil sekolah tersebut berpengalaman dalam perlombaan lari. 

"Anak-anak ini sebenarnya pelari jarak jauh 5.000 meter. Hanya di SAC tidak ada nomor tersebut, sehingga kami ikutesertakan untuk nomor menengah. Saya percaya kepada anak-anak ini karena catatan prestasi mereka di nomor lari jarak jauh," kata Virgo. 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi Energen Champion SAC Indonesia, SMAN 1 Pegagan Hilir telah menetapkan jadwal latihan seminggu tiga kali. Tentunya dengan program yang telah didesain khusus dalam nomor lari jarak menengah. "Meskipun mereka pelari jarak jauh, nanti pasti ada perbedaan latihan untuk lari jarak menengah," lanjut Virgo.

Semangat dan antusias kontingen SMAN 1 Pegagan Hilir begitu luar biasa. Bagaimana tidak? Jarak antara Pegagan Hilir, yang terletak di Kabupaten Dairi ke Medan sekitar 160 Kilometer. Jika ditempuh melalui perjalanan darat, butuh waktu sekitar 4-5 jam. "Nanti kami kira-kira ke sana naik mobil pribadi. Kebetulan ada sekolah lain mau ikut. Bisa bersamaan," terang Virgo. 

Virgo mengaku senang dengan adanya Energen Champion SAC Indonesia. Kompetisi seperti ini bisa menjadi pengukuran bagi anak-anak dalam membuktikan hasil latihannya. Juga menjadi wadah besar bagi mereka untuk berprestasi. 

"Mungkin ini bisa menjadi pelampiasan bagi bakat anak-anak kami. Karena setiap ada perlombaan, meski di kabupaten, kami pasti ikut. Harapan kami semoga SAC Indonesia ke depannya memiliki perlombaan 5.000 meter," tandas Virgo.

Baca Juga: Akankah Gelar Lompat Jauh Putra Sumatera Kembali ke Pangkuan SMKN 2 Medan?

Nantinya, anak didik Virgo akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Unimed, Medan, tepatnya pada 1-3 September. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES