Ukuran Lapangan Tolak Peluru

Jingga Irawan - 15 August 2023
Salah satu finalis tolak peluru dalam Energen Champion SAC National Championship

Tolak peluru adalah salah satu olahraga dalam cabor atletik yang mengharuskan seorang atlet untuk menolak bola besi dan mendapatkan jarak sejauh mungkin. Dalam melakukan hal itu, seorang atlet harus melemparakan bola besi tersebut dari sebuah area berupa lingkaran.

Olahraga tolak peluru tidak dilakukan di lintasan tartan. Biasanya area tolak peluru terpisah dengan lintasan utama. Ini karena berat bola besi dari tolak peluru yang berpotensi dapat merusak lintasan jika dilemparkan. Namun, dalam beberapa stadion atletik, area tolak peluru terletak di tengah lintasan 400 meter.

Pada dasarnya, lapangan tolak peluru dibagi menjadi dua: sektor pendaratan dan area tolakan. Area tolakan dalam olahraga tolak peluru berbentuk lingkaran. Dalam lingkaran tersebut, atlet akan melakukan starting hingga finishing. 

Baca Juga: Tolak Peluru: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

Sesuai dengan standar World Athletics, area lingkaran dalam tolak peluru memiliki ukuran diameter 2,135 meter dan harus memiliki tinggi 2 centimeter. 

Bagian luar lingkaran harus terbuat dari besi, baja atau bahan lain yang sesuai. Sementara bagian atas lingkaran harus rata dengan tanah di luar area. Bagian dalam lingkaran dapat dibangun dari beton, aspal atau bahan lain yang kokoh tetapi tidak licin. Permukaan area tolak peluru harus rata dan 20 milimeter lebih rendah dari tepi luar lingkaran.

Sumber: Hasil tangkapan layar modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII (2020)/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Bagian depan area tolakan yang berbentuk lingkaran harus dipasang papan batas tempat tolakan yang memiliki panjang 1,22 meter, tinggi 10 centimeter, dan tebal 11,4 centimeter.

Baca Juga: Mengenal Peralatan yang Digunakan dalam Tolak Peluru

Area pendaratan peluru biasanya berbentuk segitiga terbalik. Area ini dibentuk oleh garis yang ditarik dari pusat lingkaran dan melewati ujung stop board. Penarikan garis dari pusat lingkaran dapat membentuk sudut 34,92 derajat. Dengan garis sektor 5 centimeter. (*)

  RELATED ARTICLES