Para siswa SMK Methodist saat berlatih untuk SAC Indonesia 2023

SMK Methodist Tanjung Morawa punya misi besar dalam membangun prestasi siswa. Salah satunya adalah dengan mengikutsertakan anak didiknya dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurut guru PJOK dari SMK Methodist Tanjung Morawa, Yuliana Hulu, sekolah tersebut tak ingin menyia-nyiakan kesempatan mengikuti kompetisi atletik paling bergengsi itu.

Semua bermula saat Fransciusberi Aldi Sipayung berniat mengikuti salah satu kompetisi pelajar profesional di Indonesia. Namun, karena kuota yang terbatas, Fanscius harus mengurungkan niatnya. Hal itulah yang membuat Yuliana tergerak untuk mencari kompetisi lain yang bisa membantu mewadahi bakat anak didiknya itu. 

"Karena anak tersebut sudah berniat dan latihan, sayang kalau tidak disalurkan bakatnya. Akhirnya saya dapat informasi ada kompetisi SAC Indonesia. Nah, akhirnya saya daftarkan di nomor lari jarak menengah. Lalu, saya juga mendaftarkan keempat anak lainnya, yang baru saja terjun di atletik," kata Yuliana. 

Para delegasi ini Yuliana pilih melalui seleksi lingkup sekolah. Ia mengajak para siswa yang dinilai memiliki kemampuan olahraga yang baik dan minat yang cukup tinggi. Mereka pun antusias. "Saya bisa bilang range semangatnya anak-anak 80-90, apalagi sekolah begitu mendukung," lanjut Yuliana.

Sebenarnya, Yuliana berniat mendaftarkan para siswanya pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatra Qualifiers. Hanya saja, kuota SAC Indonesia tahun lalu sudah penuh. Bayangkan saja, penyelenggaraan SAC Indonesia di Sumatra Utara menembus angka lebih dari empat ribu peserta. "Oleh karena itu, tahun ini saya langsung mendaftarkan anak-anak," tandasnya. 

Nantinya, SMK Methodist akan bersaing dalam dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 1-3 September 2023, di Stadion Unimed, Medan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES