Pistol start atau pistol starter adalah pistol kosong yang ditembakkan untuk memulai kompetisi lari dalam olahraga atletik. Juga olahraga kompetitif lainnya seperti renang dan berkuda. Bunyi pistol yang diletuskan menjadi tanda bagi para atlet untuk memulai lomba.

Sejarah Singkat

Pistol start memang memiliki kesamaan dengan pistol standar. Pistol ini pertama kali digunakan di Olimpiade 1904. Awalnya, pistol start berbentuk revolver. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang dibuat. Salah satunya adalah pistol start tidak berisi peluru tajam. Sehingga ringan untuk digunakan. 

Namun, versi terbaru dari pistol start adalah pistol tersebut memiliki pengaturan waktu elektronik yang tersemat. Di masa sekarang, sensor dipasang pada pistol yang mengirimkan sinyal elektronik ke sistem waktu saat ditembakkan.

Setelah meningkatnya masalah keamanan dan menimbulkan beberapa masalah dengan memicu balapan dengan keras, pistol revolver tidak lagi digunakan. Kemudian pistol start elektronik tersebut menjadi aturan standar untuk memulai balapan. Saat pelatuknya ditarik, pistol elektronik akan memicu tiga hal secara bersamaan, lampu, sinyal yang dikirim ke perangkat starter elektronik dan rekaman tembakan diputar.

Pistol start versi baru ini populer digunakan di negara-negara Barat, seperti Uni Eropa serta Inggris, Norwegia, Islandia, Swiss, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Baca Juga: Tiga Jenis Start dalam Olahraga Lari

Penggunaan dalam Atletik

Di masa lalu, setiap kali seorang starter menembakkan senjata, suara pistol terdengar oleh pelari dengan waktu berbeda. Karena kecepatan suara melesat sekitar 3 milidetik per meter. Karena itu, pesaing yang ditempatkan di dekat pistol mendengar suara lebih awal dari yang lain yang berada di kejauhan. 

Oleh karena itu, saat ini, pistol start dihubungkan dengan start block dan mikrofon yang mentransmisikan suara ke speaker, dan semua peserta dapat mendengar suara tersebut pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, kemungkinan start salah akan lebih kecil. Untuk mencatat waktu reaksi setiap peserta, sistem komputer canggih juga dihubungkan dengan pistol dan start block. (*)

  RELATED ARTICLES