Ricky Winarsa dan Luky Winarsa (nomor satu dan tiga dari kiri)

Si kembar dari SMAN 62 Jakarta siap mengguncang Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Mereka adalah Luky Winarsa dan Ricky Winarsa. Duo tersebut akan bersaing dalam lompat jauh putra. Dan ini akan menjadi kompetisi lompat jauh lompat pertamanya. 

Ricky dan Luky sebenarnya sudah lama menggeluti cabang olahraga atletik. Tepatnya sejak Pandemi Covid-19 menyerang. Ricky ahli di lari jarak pendek. Sementara Luky merupakan spesialisasi nomor lari jarak menengah. Namun, keduanya baru menjajal nomor lompat pada Energen Champion SAC Indonesia 2023. "Di nomor lompat peluangnya lebih besar," ungkap Ricky. 

Ini juga bukan kompetisi pertama Luky dan Ricky. Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers, keduanya masuk dalam skuad tim estafet 5x80 meter SMPN 281 Jakarta. Sekolah tersebut berhasil menempati posisi ketiga dalam perlombaan tersebut. "Sebenarnya kami ingin ikut Nomor estafet juga. Tapi karena belum ada timnya, akhirnya kami ikut nomor individu," lanjutnya. 

Saat ditanya Mengenai lompat jauh, keduanya mengaku nomor lompat lebih sulit dibanding nomor lain yang mereka ikuti. Namun, mereka ingin mencobanya. "Saya merasa sedikit nervous. Tapi di sisi lain juga percaya diri dengan lompatan saya," kata Ricky. 

Baca Juga: 8 Tim SMP Amankan Tempat di Final 5x80 Meter Putra 

Si kembar dari SMAN 62 Jakarta tersebut biasanya berlatih bersama. Di GOR Soemantri, Jakarta Selatan. "Seminggu latihannya tiga kali. Kita barengan latihannya. Nggak hanya kembar, mereka juga memiliki idola yang sama. Ya, semoga kami bisa memberikan hasil yang maksimal untuk sekolah dan Jakarta Banten Qualifiers," tutur Ricky. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan akan diselenggarakan di Jakarta. Kompetisi tersebut akan berlangsung pada 29, 30 September dan 1 Oktober 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES